DIY Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 14 Maret 2017 / 09:42 WIB

Waspada, Skip Challenge Bisa Mematikan!

SLEMAN, KRJOGJA.com - Beberapa waktu ini netizen di sosial media dihebohkan dengan video skip challenge yakni menekan dada secara keras selama dua menit hingga kejang atau pingsan sesaat. 

Tantangan ini banyak dilakukan terutama oleh anak-anak muda yang menganggap hal ini sebagai sebuah lucu-lucuan saja.  Namun, siapa sangka skip challenge ini memiliki efek yang mematikan. 

Ahli saraf dari UGM, Dr.dr. Cempaka Thursina, Sp.S (K) Selasa (14/03/2017) mengatakan tantangan tersebut merupakan sebuah hal yang sangat membahayakan, karena dapat menyebabkan kerusakan pada otak hingga kematian. 

"Menekan dada beberapa waktu bisa mengurangi pasokan oksigen ke otak, jika kadar oksigen rendah selama 2-3 menit maka akan mengalami gangguan. Bila lebih dari itu bisa merusak otak dan menyebabkan kematian," ungkapnya. 

Pada otak, kerusakan yang terjadi juga bisa menjangkau sisi kongnisi yakni gangguan berpikir dan memori. "Kalau sel otaknya rusak maka dampaknya pada sisi kognisi juga yakni gangguan berpikir dan perubahan memori terutama pada anak," terangnya. 

Efek jangka panjang diakui Cempaka juga mengintai siapa saja yang melakukan skip challenge mulai dari kebutaan, tuli hingga stroke. Ia pun berharap masyarakat berpikir beberapa kali sebelum melakukan tantangan yang sebenarnya hanya bertujuan untuk lucu-lucuan tersebut. 

"Skip challange merupakan permainan berbahaya. Sekali menjalani tantangan bisa teratasi (siuman), tetapi jika dilakukan berulang akan berdampak serius bagi kesehatan karenanya harus di hentikan," pungkasnya. (Fxh)