Peristiwa Editor : Ivan Aditya Sabtu, 11 Maret 2017 / 15:46 WIB

Unjuk Rasa Presiden Korsel, Dua Demonstran Tewas

KORSEL, KRJOGJA.com - Dua demonstran tewas dan 30 lainnya terluka saat massa pendukung Presiden Korea Selatan Park Geun-hye yang baru saja dipecat MK bentrok dengan massa anti-Park. Tewasnya dua warga sipil ini telah memicu Perdana Menteri Korsel Hwang Kyo-ahn yang selama tiga bulan terakhir merangkap jabatan sebagai kepala negara itu, menyerukan para demonstran untuk menjaga perdamaian.

Hwang meminta para pendukung Park untuk menerima putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang resmi memecat Park dari jabatannya. Saat MK menggelar sidang pemecatan Park, seperti dilansir BBC, kerumunan orang berkumpul di depan gedung pengadilan tersebut. Mereka ingin menyaksikan langsung puncak dari kasus yang telah memicu demonstrasi di Seoul dan kota-kota lainnya.

Dalam sidangnya, otoritas MK menyebutkan bahwa Park membocorkan banyak dokumen yang melanggar peraturan yang melindungi kerahasiaan pejabatan, dan melanggar aturan dengan mengizinkan sahabatnya, Choi Soon-sil untuk mencampuri urusan negara. Choi saat ini sudah ditahan, dan kemungkinan Park juga akan segera didakwa. Setelah tak lagi menjadi presiden, Park tak lagi punya kekebalan sehingga bisa segera diadili. (*)