DIY Editor : Ivan Aditya Sabtu, 11 Maret 2017 / 08:37 WIB

Indonesia Peringkat Kedua Penderita Tuberculosis Tertinggi di Dunia

KULONPROGO KRJOGJA.com - Indonesia menempati posisi kedua dengan beban Tuberculosis (TB) tertinggi di dunia sesuai data WHO Global Tuberculosis Report 2016. TB di Indonesia ini juga merupakan penyebab nomor empat kematian setelah penyakit kardiovaskular.

Diungkapkan Kepala Sub-Sub Recipient (SSR) TB-HIV/AIDS Care 'Aisyiyah Kulonprogo, Rismiyati SSos, karena masih banyaknya penderita TB maka Community TB-HIV Care 'Aisyiyah (Pimpinan Pusat) bekerjasama dengan Global Fund ATM, Dinas Kesehatan dan organisasi lainnya melakukan penanggulangan penyebaran penyakit TB.

"SSR TB-HIV/AIDS Care inu merupakan lembaga konsen pada upaya penanggulangan TB berbasis komunitas (Community TB Care), bertujuan meningkatkan angka penemuan kasus TB dan angka kesembuhan pasien di Unit Pelayanan Kesehatan Pemerintah dan Non Pemerintah dengan pengelolaan masyarakat (kader). Serta meningkatkan partisipasi masyarakat melalui pembentukan komunitas peduli TB," kata Rismiyati di Wates, Jumat (10/03/2017).

Data Dinas Kesehatan setempat, menyebutkan pada tahun 2014 ditemukan 118 kasus TB baru dengan jumlah kasus TB sebesar 142 kasus, dan tahun 2015 terdapat 117 kasus baru dengan jumlah kasus TB 234 kasus. Sedangkan tahun 2016 dari data Dinkes DIY, 91 kasus baru dengan total kasus 177.

Menurutnya, kegiatan yang sudah dilaksanakan di Kulonprogo adalah pembentukan kader di beberapa kecamatan, sosialisasi kepada masyarakat diantaranya akan dilaksanakan untuk tokoh agama 11 dan 12 Maret agar dapat membantu mensosialisasikan lewat dakwah, ketuk pintu dan akan diadakan jalan sehat. (Wid)