Jateng Editor : Danar Widiyanto Minggu, 05 Maret 2017 / 15:15 WIB

Soal Gugatan Pilwakot Salatiga, Pendukung Yaris Hormati Proses Hukum

SALATIGA (KRjogja.com) - Pendukung dan partai pengusung pasangan calon (paslon) Yuliyanto-Muh Haris (Yarus) yang memperoleh suara terbanyak di Pilwakot Salatiga tetap akan menghormati proses hukum gugatan kubu Agus Rudianto-Dance Ishak Palit (Rudal) ke Mahkamah Konsititusi (MK).

Koordinator Forum Koalisi Partai Hati Beriman (FPPHI) Pengusung Yaris di Pilwakot Salatiga 2017, Sutrisno Supriyantoro dihubungi KRjogja.com menyatakan pihaknya akan menunggu hasil MK dan selalu menghormati proses hukum.

“Kami menghormati proses hukum dan upaya gugatan dari kubu Rudal. Meski demikian kami meyakini bahwa Yaris tetap menang. Pihak FPPHI selalu mengadakan koordinasi dengan tim sukses Yaris dan partai koalisi untuk menghadapi semuanya,” tandas Sutrisno Supriyantoro, Minggu (05/03/2017).

Ia menambakan dalam proses di MK nanti, pihak partai koalisi pendukung Yaris memantau ke MK menugaskan dua orang. Dari Partai Golkar mengirimkan Wakil Ketua Bidang Hukum DPD Partai Golkar Salatiga, Ucok Kuncoro SH MH.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Salatiga, Latif Nahari menegaskan bahwa terkait dengan gugatan paslon Rudal dan pengusungnya yakni PDI Perjuangan dan PKB merupakan hak mereka. Namun demikian Latif menegaskan bahwa MK adalah lembaga yang kredibel dan profesional sehingga, akan memutuskan dengan seadil-adilnya.

“Sebagai lembaga yang kredibel, MK diharapkan memutus yang seadil-adilnya dan kenyataan di TPS, Yaris yang memenangkan Pilwakot Salatiga. Penyelanggara Pilwakot di Salatiga menurut kami telah berjalan sesuai dengan peraturan,” tandas Latif Nahari. (Sus)