DIY Editor : Danar Widiyanto Kamis, 16 Februari 2017 / 08:50 WIB

Pilkada Kulonprogo, Hasto Menang Telak

WATES (KRjogja.com) - Hasil penghitungan perolehan suara sementara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kulonprogo 2017, menempatkan Pasangan Calon (Paslon) Nomor Urut 2, dr H Hasto Wardoyo SpOG(K)-Drs H Sutedjo sebagai pemenang. Pasangan 'Sedulur Hasto-Tedjo' (Sehat) berdasarkan perolehan suara sementara menang telak mengalahkan Paslon Nomor Urut 1, Drs H Zuhadmono Azhari-BRAy Hj Iriani Pramastuti (Hadir).  

Hasto bersyukur atas hasil sementara yang memenangkannya, dan akan menjalin komunikasi serta silaturahmi dengan Paslon Hadir, termasuk mengakomodir program-program mereka. Sementara Zuhadmono menyatakan legawa dan menerima kekalahan ini.  

Di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 13 Pedukuhan Klepu Desa Hargowilis, Kokap tempat Hasto menggunakan hak pilihnya, Paslon Sehat meraih kemenangan mutlak dengan 245 suara sedangkan Paslon Hadir hanya kebagian empat suara. Demikian pula di TPS 01 Pedukuhan Temanggal, Wijimulyo, Nanggulan, tempat Cawabup Drs H Sutedjo nyoblos, Paslon Sehat menang telak dengan mendulang 428 suara sementara Hadir hanya satu suara.  

Bahkan Zuhadmono kalah di kandang sendiri (TPS 07 Jogoyudan). Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS tersebut tercatat 239 plus 4 (pindahan 3 dan tambahan 1), total 243. Tapi yang menggunakan hak pilihnya 189 orang. Perolehan suara Paslon Hadir hanya 52 suara sementara Paslon Sehat 135 suara. Sedangkan dua suara tidak sah.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 13 Klepu, Sukirdi mengatakan, DPT di TPS tersebut 316 orang, yang menggunakan hak pilih 251 orang dengan dua suara tidak sah. "Hasto-Tedjo dapat 245 suara, Zuhad-Iriani hanya empat suara," tegasnya.

Di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Wates, Kepala Rutan Soleh Joko Sutopo AMD IP SH MH mengatakan, TPS 32 khusus untuk warga binaan dan pegawai Rutan. DPT Rutan (TPS 32) sebanyak 83 orang, yang hadir 60 dan tidak hadir karena sudah bebas maupun pindah memilih di dekat rumah. Perolehan suara di Rutan dengan kehadiran 60 orang, Paslon 1 mendapat 11 suara dan Paslon 2 sebanyak 49 suara.

Penghitungan cepat Tim Pemenangan Paslon Hasto Wardoyo-Sutedjo baik di Rumah Klepu Hargowilis Kokap maupun Sekretariat Bersama (Sekber) Pendapa Nanggulan serta DPC PDI Perjuangan setempat menunjukkan Paslon Sehat meraih kemenangan sementara mencapai 86,12 persen. Sedangkan Paslon Zuhadmono Azhari-Iriani Pramastuti 13,88 persen.

Quick count atau penghitungan cepat di rumah Hasto, Klepu disaksikan keluarga dan Tim Pemenangan. Satu persatu laporan dari TPS di seluruh Kulonprogo dimasukkan data, hasil suara sementara Paslon Sehat jauh di atas rival mereka yakni Hadir. "Kami sangat bersyukur terhadap hasil perolehan suara sementara. Sungguh 86 persen di luar ekspektasi saya," kata Hasto usai proses hitung cepat.

Hasto menilai, perolehan 86 persen suara jauh lebih bagus dengan nilai 70 persen diperkirakannya. Diakuinya, dengan hasil memuaskan tersebut justru mengandung konsekuensi tanggung jawab yang lebih besar. Masyarakat memberikan dukungan dan kepercayaan untuk membangun Kulonprogo.

"Kemenangan ini menjadi tugas yang tidak ringan. Pasangan Hasto-Tedjo harus bekerja keras untuk memenuhi keinginan dan tuntutan masyarakat. Sehingga syukur dan istigfar akan dilakukan agar diberikan kekuatan dan bisa amanah. Terlepas dari itu kami tetap harus menunggu penghitungan manual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU)," ujarnya.

Paslon Sehat berjanji akan tetap menjaga tali silaturahmi dan komunikasi dengan masyarakat. Termasuk dengan Pasangan Hadir. Bahkan visi dan misi mereka saat kampanye akan diakomodir dalam program kerja nanti.  

Kemenangan Paslon Sehat mendapat respons positif dari para pendukung dan sejumlah anggota DPRD Kulonprogo serta DIY. Termasuk Ketua DPD PDI Perjuangan DIY Bambang Praswanto.

Pasangan Hasto-Tedjo juga memenangkan perolehan suara di TPS kawasan pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta Baru (New Yogyakarta International Airport/NYIA) di Kecamatan Temon. Dari hasil penghitungan sementara yang berhasil dihimpun dari 54 TPS di Temon, Zuhadmono-Iriani meraih sekitar 12,3 persen dari jumlah 21.187 pemilih. Sedangkan Hasto-Tedjo sekitar 60,2 persen.

Dalam pemantauan TPS di Kecamatan Temon, termasuk TPS di kawasan pembangunan NYIA, pemungutan suara berlangsung lancar. Keamanan tetap kondusif dan kekhawatiran adanya gangguan pada penyelenggaraan pemungutan suara tidak terjadi. (Rul/Wid/Ras/*-32)