DIY Editor : Agus Sigit Rabu, 18 Januari 2017 / 09:37 WIB

Komandan Geng Klitih Wilayah Selatan Ditangkap

BANTUL (KRjogja.com) - Pentolan geng cah klitih, pelaku pembacokan di sejumlah lokasi di Yogya dibekuk aparat Polres Bantul. Pelaku adalah Ag alias Plendus (21). Dia diduga memiliki belasan anak buah dan sering membacok warga di sekitar Kota Yogya. Geng pimpinan Plendus juga disinyalir cukup terorganisir sistem rekrutmen anggotanya.

Selain Plendus, polisi juga menangkap  seorang  rekannya,  oknum pelajar Rz alias Repsol (19). Polisi juga mengamankan beberapa senjata tajam serta sepeda motor yang digunakan untuk beraksi.

Menurut keterangan, kedua anggota  geng  klitih  ini  dibekuk petugas  patroli  Sabhara  Polres pada Sabtu (14/1) malam saat nongkrong di Stadion Sultan Agung  (SSA)  Bantul. Setelah diinterogasi oleh polisi, keduanya mengakui pernah melakukan serangkaian pembacokan di beberapa tempat di luar Bantul.

Komandan Tertangkap, Geng Klitih Akan Disikat Habis!

Keduanya diamankan  setelah  polisi  menemukan sebilah celurit dan sebuah sangkur yang diduga akan digunakan untuk melakukan  tindak kejahatan. Kasat Sabhara Polres Bantul  AKP Agus Nuryanto kepada  wartawan,  Selasa  (17/1)  menyebutkan,  Repsol dan Plendus terjaring razia saat polisi menggelar patroli kamtibmas. “Patroli ini rutin digelar,  kita  terus  pantau tempat-tempat potensi kejahatan dan  tempat nongkrong. Kedua orang ini diamankan di SSA,”  jelasnya.

Agus mengatakan, melalui patroli, pihaknya bisa langsung mengamankan jika didapati seseorang  membawa  senjata  tajam seperti  halnya  Repsol  dan  Plendus. Diduga, kedua orang tersebut berencana untuk melakukan tindak kejahatan dengan menggunakan senjata tajam yang dibawanya saat itu.

Kemudian,  kedua  tersangka  ini diserahkan kepada Sat Reskrim untuk dikembangkan. “Mereka yang terjaring bisa langsung diamankan dengan dasar undang-undang darurat nomor 12 tahun 1951,” jelas Agus. (C-1)