Olahraga Editor : Danar Widiyanto Senin, 09 Januari 2017 / 00:01 WIB

Piala FA, Liverpool Ditahan Playmouth

LIVERPOOL (KRjogja.com) - Hasil mengecewakan harus didapat Liverpool FC kala ditahan tanpa gol oleh Playmouth Argyle pada laga babak ketiga penyisihan Piala FA yang berlangsung di Stadion Anfield, Minggu (8/1/2017). Hasil imbang ini membuat 'The Reds' wajib melakoni laga ulangan kontra tim asal kompetisi League 2 untuk menentukan tim yang berhak melangkah ke babak selanjutnya.

Kegagalan ini sepertinya tak lepas dari perjudian yang dilakukan sang pelatih, Jurgen Klopp dengan memainkan mayoritas pemain mudanya. Dari 11 pemain yang diturunkan sebagai starting 11, tercatat hanya Lucas Leiva yang tergolong pemain senior, sedangkan lainnya diisi pemain muda usia seperti Ben Woodburn, Sheyi Ojo, Kevin Stewart, Ovie Ejaria, Alexander-Arnold dan Joe Gomez.

Meski menurunkan sekuad yang didominasi pemain muda, pada pertandingan tersebut, Liverpool tetap tampil apik dan menguasai jalannya pertandingan. Trio penyerang tuan rumah yang diisi Woodburn, Ejaria dan Origi, mampu memberikan tekanan ke pertahanan Playmouth yang sejak menit pertama hanya mengandalkan strategi bertahan.

Sayang, serangan demi serangan yang dibangun Emre Can dan kawan-kawan ke daerah pertahanan tim tamu terlalu monoton sehingga tak banyak peluang yang mengancam gawang lawan. Strategi tim tamu yang menumpuk pemainnya di lini belakang akhirnya membuat pemain-pemain muda Liverpool kebingungan untuk membongkarnya. Hasilnya, hingga turun minum, skor 0-0 bertahan.

Memasuki babak kedua, tuan rumah yang mengejar hasil kemenangan langsung kembali mengambil inisiatif menyerang. Masih mengandalkan para pemain mudanya, serangan demi serangan yang dibangun masih saja mampu dihentikan oleh para pemain tim besutan pelatih Derek Adams yang kini menghuni peringkat kedua League 2 ini.

Tak ingin gagal meraih kemenangan dihadapan publiknya sendiri, pelatih Jurgen Klopp akhirnya melakukan tiga perubahan penting dengan memasukkan para pemain seniornya seperti Daniel Sturridge, Roberto Firmino, dan Adam Lallana untuk menggantikan Emre Can, Ben Woodburn dan Ejaria.

Masuknya para pemain senior ini langsung berdampak positif pada sistem serangan Liverpool, sehingga beberapa peluang emas nyaris membobol gawang Luke McCormick. Namun, peluang demi peluang yang didapat Sturridge dan kawan-kawan tetap gagal berbuah gol hingga babak kedua usai, sehingga skor 0-0 menjadi akhir laga.

Sementara itu pada laga lainnya, Fulham mampu meraih kemenangan tipis 2-1 atas Cardif City. Dalam laga yang digelar di Cardiff City Stadium tersebut, Tuan rumah unggul terlebih dahulu melalui gol Anthony Pilkington menit ke-8, namun gol tersebut mampu dibalas oleh Fulham lewat gol Stefan Johansen menit ke-14 dan Ryan Sessegnon menit ke-33. (Hit/cetak)