Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Rabu, 21 Desember 2016 / 13:56 WIB

Kebumen Ekspor Pagar Bambu Wulung Ke Australia

KEBUMEN (KRjogja.com) -  Pagar yang terbuat dari bambu wulung ternyata sangat disukai oleh masyarakat Australia  sebagai pagar halaman rumah, khususnya rumah yang dibangun  di pemukiman pinggir kota dan rumah peristirahatan/vila.

"Tingginya minat masyarakat negeri kanguru itulah yang melatarbelakangi kami terus memproduksi pagar ini selama 4 tahun terakhir ini. Dua bulan sekali kami mengirimkan satu kontainer berisi 800 unit pagar," ujar Syarifudin atau Udin,  pembuat pagar bambu wulung di Dukuh Robahan Desa Kalirejo Kecamatan/Kabupaten Kebumen, Rabu (21/12/2016).

Menurut Udin, usaha tersebut adalah milik kakak perempuannya yang menikah dengan warga Australia. Secara kebetulan  keluarga kakak perempuannya melihat kecenderungan banyak orang Australia yang menyukai rumah bergaya 'country' lengkap  dengan pagar halaman terbuat dari bambu.

"Setelah tahu bahwa Kebumen kaya dengan tanaman bambu,  keluarga kakak pun memutuskan mendirikan pabrik ini dan mengirimkan pagar-pagar ini ke Australia," jelas Udin.

Dipilihnya bambu wulung yang permukaannya hitam disebabkan  kualitasnya lebih baik dibandingkan bambu lainnya, termasuk  lebih kuat dalam menghadapi cuaca ekstrim. Namun, terbebas dari zat-zat kimia

"Agar tak dimakan rayap, pemasangannya jangan  ditancapkan ke dalam tanah ataupun menyentuh tanah. Bila terdeteksi zat kimia sedikit saja, pasti akan langsung  ditolak oleh bea cukai Australia," jelasnya. (Dwi