Jateng Editor : Danar Widiyanto Minggu, 18 Desember 2016 / 15:15 WIB

Tambah Gedung Baru Lima Lantai, RSST Klaten Makin Lengkap

KLATEN (KRjogja.com) - Rumah Sakit Umum Pusat dr Soeradji Tirtonegoro (RSST) Klaten mendapatkan penghargaan sebagai institusi bersih korupsi dari KPK. Selain itu, rumah sakit pemerintah ini juga bertekad menjadi rumah sakit ramah lansia. Menjelang HUT ke-89, RSST memiliki kado istimewa berupa penambahan gedung baru lima lantai yang dibangun dengan dana sekitar Rp 45,5 miliar.
 
Direktur Utama RSUP dr Soeradji Tirtonegoro, dr Alida Lienawati MKes Minggu (18/12/2016) mengemukakan,gedung instalasi rawat inap tersebut dibangun dalam dua tahun anggaran yakni tahun 2015 dan 2016, memiliki kapasitas sebanyak 113 tempat tidur, dan telah diresmikan penggunaanya pada Jumat pekan lalu.

Instalasi rawat inap Dahlia lantai pertama merupakan ruang serbaguna. Keseharian bisa dimanfaatkan untuk parkir, namun dalam kondisi emergency akan dimanfaatkan untuk tempat pelayanan. Hal itu beralasan pada beberapa kali peristiwa sebelumnya ketika terjadi bencana, maka RSUP tersebut sampai tidak mampu menampung pasien yang mendesak membutuhkan pelayanan.
Lantai dua, sebaga ruang perawatan dengan kapasitas 45 tempat tidur kelas II. Lantai tiga terdiri 23 tempat tidur kelas I, lantai empat 23 tempat tidur kelas dua, dan lantai lima terdiri 23 tempat tidur kelas VIP.

Lebih lanjut dr Alida mengatakan, RSST memeiliki visi untuk menjadi rumah akit rujukan nasional yang ramah lansia pada tahun 2019. Sehubungan hal itu RSST berusaha menyelenggarakan dan mengembangkan palayanan kesehatan paripuran. Menyelenggarakan pendidikan, pelatihan, dan penelitian yang berkualitas. Mewujudkan wilayah bebas korupsi (WBK).

Sebelumnya, Sekda Klaten Jaka Sawaldi, di sela peresmian instaralasi rawat inap Dahlia mengemukakan, RSST merupakan satu-satunya rumah sakit pemerintah pusat yang ada di Kabupaten Klaten, dan berada diantara dua kota besar Yakni Yogya dan Solo. Sehubungan hal itu diharapkan pemerintah pusat memberikan infrastruktur yang seimbang, sehingga RSST juga bisa memberikan pelayanan maksimal seperti halnya rumah sakit pemerintah yang ada di kota besar. (Sit)