DIY Editor : Agus Sigit Sabtu, 02 Juli 2016 / 21:09 WIB

Bernostalgia di Pasar OLX Jogja

YOGYA (KRjogja.com) - Pasar OLX Jogja yang digelar di halaman PT BP Kedaulatan Rakyat, Jl Margautama, Sabtu-Minggu (2-3/7/2016) menawarkan romantisme masa lalu dengan menghadirkan barang-barang bekas yang pernah jaya dimasanya. Barang-barang antik seperti mobil, motor, radio dan lainnya mengajak pengunjung bernostalgia mengenang masa lalu.

Seperti salah satu stand menarik milik Maulana (30) yang menghadirkan barang-barang antik. Maulana menjual barang antik khusus musik seperti macam-macam radio, gramafon, jam weker, kaset pada beberapa era, dan vinyl atau piringan hitam. Selain itu Maulana juga menjual sedikit mainan jadul. Barang-barang tersebut bukan dengan kualitas yang sembarangan, karena barang-barang yang diperdagangkan merupakan barang-barang yang memikiki brand terkenal pada masanya.

“Jualan barang-barang seperti ini, semakin lama umurnya harganya akan semakin mahal,” ujarnya sambil memaparkan bahwa berdagang barang antik juga termasuk dalam kegiatan investasi.

“Pada tahun 2014 grafik perminat barang vintage sangat tinggi,” sambung Maulana. Dirinya mulai memasuki pasar barang antik pada tahun 2010 ketika media sosial seperti Instagram menjamur di tengah masyarakat. Untuk mengumpulkan barang-barang antik tersebut, Maulana bersama timnya yang tergabung dalam ‘Jogja Vintage’ mencari di seluruh penjuru Indonesia.

Di lapak yang Maulana tawarkan, barang termahal adalah gramafon dengan kisaran harga 3 juta hingga 15 juta, “Tergantung merk dan sejarah di balik gramafon tersebut,” tambah Maulana. Sementara itu, barang yang paling banyak diminati adalah vinyl atau piringan hitam. Maulana menceritakan bahwa pada tahun 2016 trend untuk vinyl sedang naik.

“Vinyl peminatnya banyak karena vinyl juga merupakan arsip legendaris, musiknya disuguhkan secara sungguh-sungguh dan prosesnya tidak instan. Kalau sekarang kan semua serba instan, tinggal copy paste dan edit,” tutupnya sambil menunjuk kumpulan vinyl yang berjumlah ratusan itu. Bagi yang tertarik mengunjungi lapak Maulana, Pasar OLX Jogja masih buka hingga Minggu (3/6/2016). Koleksi lainnya dapat dilihat melalui Instagram @labirin_artshop dan @newovalklithikan. (Salsabila Annisa)