Wisata Editor : Danar Widiyanto Rabu, 12 Oktober 2016 / 00:30 WIB

Ronde Legendaris Pak Tijo, Menghangatkan Saat Hujan

PURWOREJO (KRjogja.com) - Hujan yang kerap turun beberapa bulan terakhir menjadikan suasana semakin dingin. Apalagi jika berkendara lalu basah kena guyuran hujan. Salah satu jalan menghangatkan badan tentu dengan mengonsumsi sesuatu yang hangat.

Minuman ronde bisa menjadi pilihan warga menghadapi cuaca dingin itu. Salah satu ronde legendaris di Purworejo adalah Ronde Pak Tijo dengan lapak jualan Jalan Urip Sumoharjo Purworejo, atau teras Kantor Kopada Purworejo.

Ronde menjadi pilihan karena jahe memang dikenal ampuh untuk menghangatkan badan. "Ronde bahan utamanya adalah sari jahe dan gula, kemudian ditambah rempah dan bahan tambahan lain, sehingga menjadi minuman yang menghangatkan badan," kata Utoro, penerus usaha Ronde Pak Tijo, kepada KRjogja.com, Selasa (11/10/2016) malam.

Menurutnya, semangkuk ronde sudah cukup membuat badan menjadi hangat. Tidak heran jika setiap malam, warung ronde itu diserbu pembeli dari Purworejo dan beberapa kabupaten sekitar.

Utoro mulai berdagang pukul 18.00 dan tutup jam 00.00. Perhari Utoro mampu menjual 75 - 100 mangkuk ronde yang ia jual Rp 5.000 per mangkuk.

Ronde Pak Tijo  banyak digemari karena aroma jahenya begitu terasa. Selain itu, bahan yang digunakan juga alami tanpa bahan kimia dan pengawet. "Semua alami, terutama cara membuatnya. Ada resep khusus yang tidak semua pedagang memilikinya," ungkapnya.

Utoro mengatakan, ronde Pak Tijo awalnya dijajakan Martijo, bapak mertuanya di Alun-alun Purworejo. Martijo mulai berjualan pada awal tahun 1980-an. Namun karena usia, Martijo tidak bisa lagi jualan dan menyerahkan usahanya kepada Utoro. Martijo menikmati masa tuanya di Desa Kalikalong Loano.

Ronde Pak Tijo bisa menjadi legendaris karena menjadi salah satu pionir minuman itu di Purworejo. "Dulu ketika Bapak berdagang, belum ada penjual ronde di alun-alun. Namun karena enak, akhirnya banyak yang suka dan menjadi pelanggan hingga sekarang," terangnya.(Jas)