DIY Editor : Agus Sigit Senin, 10 Oktober 2016 / 08:07 WIB

Murai ‘New Samber Nyawa’ Jawara Walikota Cup II

SETIAP digelar lomba burung berkicau, berbagai jenis burung kualitas lomba akan menebarkan pesona terutama dengan suara-suaranya yang khas. Murai batu bernama New Samber Nyawa milik Yusuf/Agung termasuk yang berhasil menebar pesona, sehingga berhasil menjadi juara I lomba burung berkicau Walikota Cup II Kelas Walikota di halaman Balai Kota Yogyakarta, Minggu (9/10/2016).

Murai sebagai rivalnya seperti Bindy, milik Duta Pelestari Burung Indonesia (PBI) harus menerima kenyataan sebagai juara II dan juara III ditempati Trabas milik RD Bird Farm Yogya. Masih di kelas yang sama, kategori burung lovebird, SK milik Arif DKH (Yogya) berhasil menjadi juara I. Sedangkan juara II dan III, yakni lovebird bernama JM 76 besutan ABKM/Miroso (Yogya) dan Kusumo milik H Sigit WMP (Klaten). Penilaian setiap babak lomba dilakukan lima juri dibantu empat pengawas dengan waktu 15 menit.

Yusuf sebagai pemilik New Samber Nyawa mengungkapkan, murai batu yang berhasil menjadi jawara, sekitar dua bulan lalu dibeli dari seorang kicau mania asal Jepara. Ia bersama rekannya, Agung di Tim Jalimbar (Jalan Imogiri Barat) berusaha merawat semaksimal mungkin, sehingga mampu ‘bekerja’ maksimal setiap diikutkan latihan bersama maupun lomba. Pakan rutin yang diberikan seperti jangkrik antara lima sampai tujuh ekor perhari, kroto dan ulat Hongkong.

“Mandinya cukup dua hari sekali, lalu diumbar di kandang umbaran, bisa terbang kesana-kemari dan akan mampu mendukung stamina New Samber Nyawa,” ungkap Yusuf saat ditemui di sela-sela lomba.

Ketua panitia lomba ocehan Walikota Cup II, Widodo menjelaskan, lomba ocehan tingkat nasional ini diikuti kicau mania dari berbagai daerah di Indonesia. Jenis ocehan yang dilagakan antara lain murai batu, lovebird, kacer, pentet, cucak hijau, kenari, pleci dan anis merah. Lomba terbagi dalam empat kelas, yakni Walikota, Jogja Istimewa, Pamong Praja dan Rakyat. Jenis ocehan murai dan lovebird selalu banyak pesertanya di setiap kelas.

“Ini menunjukkan kicau mania penggemar lovebird dan murai luar biasa jumlahnya,” ujar Widodo. (Yan)