Ekonomi Agregasi    Kamis, 29 September 2016 / 11:31 WIB

Terbitkan ORI 013, Pemerintah Incar Rp20 Triliun

JAKARTA (KRjogja.com) - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan hari ini resmi meluncurkan Obligasi Ritel Indonesia (ORI) seri 013. Masyarakat dapat membeli dengan obligasi ini hanya dengan dana sebesar Rp5 juta. Adapun batas maksimalnya adalah sebesar Rp3 miliar. 

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Robert Pakpahan mengatakan, dari penerbitan ORI ini, pemerintah menargetkan total dana yang 
diperoleh sebesar Rp20 triliun. Adapun indikasi dari agen penjual bisa mencapai Rp25 triliun.

"Target Rp20 triliun. Kalau indikasi dari agen penjual Rp25 triliun. Upsize kalau memungkinkan bisa kita lakukan. Tapi nanti kita umumkan jelang berakhir masa penawaran," ujarnya di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (29/9/2016). 

Dana ini diharapkan dapat menutupi defisit anggaran 2016 yang diperkirakan berpotensi melebar hingga 2,7 persen. Untuk itu, partisipasi masyarakat pun sangat diharapkan untuk dapat membeli surat utang ini. Pasalnya, kata Robert, ORI 013 ini sangat menguntungkan dengan bunga 6,6 persen dan dapat diperdagangkan dalam pasar sekunder. "Kami harapkan bisa penuhi kekurangan pembiayaan," tutupnya. (*)