DIY Editor : Ivan Aditya Sabtu, 13 Juli 2019 / 01:16 WIB

Sultan Tandatangani SK Pansel Calon Sekda

YOGYA, KRJOGJA.com - Surat Keputusan (SK) panitia seleksi (Pansel) calon Sekretaris Daerah (Sekda) DIY sudah ditandatangani, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Begitu SK tersebut ditandatangani Pansel calon Sekda akan segera menindaklanjuti dan melakukan sejumlah persiapan berkaitan dengan seleksi calon Sekda DIY.

Bahkan Pansel menargetkan akhir Juli pengumuman lelang terbuka berkaitan dengan seleksi calon Sekda sudah bisa dilakukan. Dengan demikian awal Agustus Pansel calon Sekda diharapkan sudah bisa bekerja, untuk menyeleksi calon pengganti Sekda DIY memasuki pensiun akhir tahun 2019.

"Kami berharap, awal Agustus Pansel diharapkan sudah bisa mulai bekerja. Adapun Pansel yang akan terlibat berasal dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Kemendagri, Menpan, Sekda lama (saat ini masih menjabat) dan kalangan akademisi," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Gatot Saptadi.

Menurut Gatot, karena menggunakan seleksi model terbuka, pendaftar tidak hanya berasal dari DIY, tapi ada kemungkinan juga dari luar DIY. Tentunya para pendaftar tersebut harus memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan yang ada, misalnya berstatus PNS dengan kepangkatan dan golongan minimal 4C.

Selain itu para calon Sekda juga memiliki pengalaman menjabat di eselon 2 (berapa lama menjabat), termasuk pengalaman mengikuti diklat-diklat. Setelah tahapan proses pendaftaran (seleksi administrasi) seleksi. Pansel akan segera melakukan seleksi atau fit and proper test terhadap calon Sekda.

"Sebenarnya jumlah PNS di lingkungan Pemda DIY yang golongannya 4C lebih 7 orang. Jadi para PNS yang memenuhi beberapa persyaratan di atas bisa mendaftar sebagai calon Sekda. Namun karena saat ini tahapan masih tergolong awal, kami belum mengetahui jumlah pendaftarnya ada berapa, jadi kita tunggu saja." ujar Gatot. (Ria)