Olahraga Editor : Danar Widiyanto Jumat, 12 Juli 2019 / 19:10 WIB

Pembukaan Liga 3 DIY, Sleman United Kandaskan UAD FC

SLEMAN, KRJOGJA.com - Kompetisi Liga 3 DIY 2019 resmi dibuka Jumat (12/7/2019) sore di Lapangan Gamelan Berbah Sleman. Pertandingan seru terjadi saat akhirnya tim tamu, Sleman United berhasil mengalahkan UAD FC dengan skor tipis 0-1. 

Pertandingan berjalan menarik meski kondisi lapangan Gamelan yang kurang memadahi. Kedua tim saling serang dan mencipta beberaa peluang berbahaya. 

Namun, hanya sebiji gol tercipta bagi tamu, Sleman United pada menit 33 melalui M Nur Ridwan. Skema apik yang diperagakan lini tengah Sleman United menjadi awal mula gol terjadi, umpan Reza Ansari yang diakhiri eksekusi dingin Ridwan menjadi satu-satunya gol dalam laga tersebut. 

Pertandingan sendiri berjalan cukup ketat dan panas hingga wasit Ikhsan Prasetya Jati mengeluarkan lima kartu kuning. Bahkan di babak kedua, pemain Sleman United Harry Kusuma Suares harus diganjar kartu merah karena mendapat hukuman dua kartu kuning setelah dianggap diving di kotak terlarang. 

Ketua Umum Asprov PSSI DIY Ahmad Syauqi Suratno mengungkap penyelenggaraan Liga 3 DIY menjadi salah satu pengisi ruang sebelum sebuah tim menemui ujung di Liga 1 Nasional. Karena itu, Asprov PSSI DIY berupaya mengarahkan seluruh elemen yang terlibat untuk menuju ke arah kompetisi kasta tertinggi Indonesia tersebut. 

“Pengelolaan pertandingan kami buat mendekati Liga 1 dan 2, bukan hanya pemain dan pelatih tapi manajemen klub dan perangkat pertandingan juga. Kami ingin mencoba mengelola secara detail termasuk sisi regulasi hingga komersialnya juga,” ungkap Syauqi di sela menyaksikan pertandingan. 

Tahun ini peserta Liga 3 DIY menurut Syauqi juga mendapatkan subsidi dari Asprov sebagai bentuk dukungan sekaligus membiasakan iklim industri dalam sepakbola. “Juaranya nanti juga bakal kita suport untuk sampai di Liga 3 Nasional, tahun ini kita ingin kelola betul secara profesional dan terintegritas,” sambung pria yang juga mantan Ketua Badan Liga Amatir Indonesia tersebut. 

Dalam Liga 3 DIY musim ini, delapan tim turut serta yakni Rajawali Gunungkidul, Protaba Bantul, Persikup Kulon Progo, Sleman United, JIF, UAD FC, HW UMY dan Tunas Jogja. Delapan tim tersebut dibagi dalam dua grup dan akan melaksanakan kompetisi penuh dengan sistem home away, termasuk di babak 4 besar nanti. 

Di laga lain yang juga digelar hari ini, HW UMY ditahan imbang Rajawali Gunungkidul 0-0, Tunas Jogja juga bermain imbang 0-0 melawan Protaba. Pun demikian dengan Persikup Kulon Progo yang juga bermain imbang 1-1 melawan JIF. (Fxh)