Gaya Hidup Editor : Danar Widiyanto Jumat, 12 Juli 2019 / 22:10 WIB

Malware Agent Smith Menyamar Jadi WhatsApp, Waspadalah!

JENIS malware baru yang dijuluki Agent Smith secara diam-diam menyamar sebagai aplikasi populer, seperti WhatsApp di smartphone.

Malware ini mengeksploitasi kerentanan dalam sistem operasi Android untuk secara otomatis mengganti aplikasi yang diinstal dengan versi jahat tanpa disadari pengguna.

Versi jahat itu kemudian menampilkan iklan palsu untuk keuntungan finansial, meskipun dapat digunakan untuk tujuan yang lebih berbahaya, seperti mencuri informasi bank atau memata-matai seseorang melalui kamera atau mikrofon.

Para peneliti di perusahaan keamanan Check Point, adalah penemu dari malware Agent Smith, yang dinamai sesuai dengan karakter bayangan dari seri film The Matrix. Demikian seperti dikutip dari laman Independent, Jumat (12/7/2019).

"Agent Smith menyerang aplikasi yang dipasang pengguna secara diam-diam, sehingga pengguna Android harus memerangi ancaman seperti itu sendirian," kata Jonathan Shimonovich, kepala penelitian deteksi ancaman seluler di Check Point.

Agen Smith dilaporkan menyerang pengguna smartphone di India, dengan sekitar dua pertiga dari semua perangkat yang terinfeksi terletak di negara Asia selatan.

Selain itu juga terdeteksi menyerang korban di Inggris, AS, dan Australia.

Sekitar 137.000 perangkat di Inggris telah terinfeksi malware Agen Smith, dengan lebih dari 300.000 infeksi di AS.(*)