Olahraga Agregasi    Jumat, 12 Juli 2019 / 15:57 WIB

Yamaha Ancaman Terbesar Marquez disisa Musim

AALST, KRJOGJA.com – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, seakan tak terkejar lagi lajunya di MotoGP 2019. The Baby Alien –julukan Marquez– menutup paruh pertama musim ini dengan koleksi 185 poin sehingga berhak memimpin klasemen sementera. Marquez unggul 58 poin dari Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati) yang ada di posisi kedua.

Kendati sudah jauh memimpin cukup jauh tetapi Marquez menyebut masih ada ancaman yang akan menghadang di sisa balapan musim ini. Ancaman yang dimaksud Marquez hadir dari dua pembalap Yamaha yakni Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) dan Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT).

Munculnya nama Vinales dan Quartararo cukup mengejutkan mengingat selama ini Marquez lebih sering bersaing dengan Dovizioso. Akan tetapi, Marquez menilai persaingan berubah selepas insiden rekan setimnya, Jorge Lorenzo, yang jatuh bersama-sama dengan Valentino Rossi (Yamaha), Vinales dan Dovizioso di MotoGP Catalunya 2019.

Gugurnya Dovizioso di MotoGP Catalunya membuat Marquez sedikit mengesampingkan pembalap berpaspor Italia itu dalam kejuaraan. Apalagi, performa Dovizioso serta rekan setimnya, Danilo Petrucci, dalam dua balapan terakhir pun kurang memuaskan.

Saat para pembalap Ducati melemah maka Vinales dan Quartararo mencuri perhatian Marquez. Penampilan keduanya pun cukup apik dalam dua balapan terakhir sehingga berbuah podium. Hal itu yang membuat Marquez mewaspadai Vinales dan Quartararo di paruh kedua musim ini.

“Sampai Montmelo (Kota berlangsungnya MotoGP Catalunya 2019) itu adalah satu kejuaraan, sekarang dari Montmelo ke sini itu adalah kejuaraan lain. Kami memiliki dua (kemenangan) yang memisahkan saya dengan Dovizioso (di klasemen sementara),” ungkap Marquez, seperti yang dikutip dari Motorsport, Jumat (12/7/2019).

“Tentu saja, Ducati (Dovizioso dan Petrucci) akan kembali dan sangat cepat. Akan tetapi, pada saat ini para pembalap yang mengalahkan keduanya adalah Yamaha, Vinales dan Quartararo. Saya pikir mereka akan menjadi yang tercepat di paruh kedua kejuaraan,” tukasnya. (*)