Peristiwa Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 12 Juli 2019 / 12:07 WIB

Karya Istimewa, Huruf Alquran Dijahit dengan Benang di Atas Kain

MADINAH, KRJOGJA.com- Satu karya fenomenal yang menyedot perhatian pengunjung The Holy Quran Exhibition di Kota Madinah Al Munawaroh Saudi Arabia yakni adanya Alquran, tapi tidak ditulis dengan tinta dan di atas kertas. Hanya saja huruf-huruf Alquran dijahit di atas kain putih oleh seorang wanita asal Pakistan yang hatinya sangat tulus dan ikhlas bernama Naseem Akhtar.

BACA JUGA :

Mengenal Alquran Kuno Era Khalifah Usman bin Affan

"Ibu tersebut mulai membuat pada usia 30 tahun dan selesai saat usianya 62 tahun. Dalam prosesnya menghabiskan 300 meter kain dan 2 ribu meter benang. Sang ibu menulis tiap sepertiga malam akhir dalm kedaan berwudhu setelah selesai Saat Tahajud," ungkap Arya Bima, pemandu Museum Alquran di Kompleks Masjid Al Haram Nabawi Madinah tersebut kepada Kedaulatan Rakyat saat mengunjungi bersama tim Media Center Haji (MCH) 2019.

Masa pembuatannya dimulai sejak Agustus 1987 hingga Januari 2018. Alquran tersebut terbagi menjadi tiga jilid dengan satu jilidnya terdapat 10 juz. "Banyak yang ingin membeli dengan harga miliaran rupiah, tapi si ibu memilih untuk mewakafkannya," jelas Arya.

Karena itulah pemerintah Saudi Arabia memilih mengoleksi karya tersebut di Museum Alquran sebagai salah satu karya luar biasa. Di museum ini pula dapat dilihat berbagai koleksi kuno, mulai Kiswah Kakbah berusia ratusan tahun. Alquran kuno masa khalifah Usman bin Affan hingga Alquran dengan huruf tekecil di dunia yang semuanya merupakan hibah serta wakaf peziarah saat mengunjungi kota suci tersebut. (Feb)