DIY Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 12 Juli 2019 / 11:23 WIB

Global Qurban ACT Salurkan Hewan Kurban Sesuai Syariat

BLORA,KRJOGJA.com - Menyambut Idul Adha 1440 Hijriah, Global Qurban Aksi Cepat Tanggap (ACT) siap luncurkan hewan kurban (kambing) sesuai dengan syariat islam yang sehat jasmani dan rohani.  Guna memberikan hewan yang sehat kepada seluruh penjuru dunia, tak tanggung-tanggung ACT memberikan layanan terbaik untuk perawatan hewan (kambing). Salah satunya dari segi makanan. Dari pantauan KRJOGJA.com, makanan kambing terbuat dari lima campuran bahan makanan lalu diolah menjadi satu. 

"Ada rumput odod (sebutan jawa), kangkung dikeringkan, leci ( kulit kedelai) kulit kacang. Dipotong menggunakan mesin lalu dicampur dengan air tebu dan garam," Kata Sudarto salah satu pengurus dan pengelola Wakaf Global Kurban di Blora, Jawa Tengah, Kamis (11/07/19).

Olahan tersebut ternyata disukai hewan kambing, sehingga kambing bisa tumbuh dengan sangat subur (gemuk sehat). Selain itu, makanan tersebut juga bisa menghilangkan aroma bau dari tubuh kambing.

"Ini yang membuat aroma kambing tidak bau. Karena dari makanan yang dimakan sehat dan baik. Hal ini berdasarkan penelitian oleh tim gizi yang telah teruji," ucapnya.

Sementara itu, Ustaz Amir Faishor mengatakan, dalam berkurban, tentu bukan sekadar membeli atau menjual hewan kambing maupun sapi. Tentu perlu memperhatikan pula kesehatan hewan tersebut. "Karena syarat untuk dikurbankan bukan asal hewan tetapi juga harus sehat.  Disini kami melihat Bersama bahwa makanan yang diberikan berkualitas , sehat gemuk dan tidak cacat," kata Amir yang ikut menyaksikan peluncuran Global Kurban ACT di Blora.

Lebih lanjut, kata Ustaz, kesehatan itu tidak hanya dari segi makananya, juga perlu ada keseimbangan dari segi jasmani. "Masya Allah, kambing disini tidak hanya makanannya yang diperhatikan, tapi mandinya pun diperhatikan. Kambing disini tidak bau apek. Tujuannya supaya ketika kambing-kambing disembelih itu segar," imbuhnya.

Vice Presiden ACT Ibnu Khajar menambahkan program tersebut hadir karena ACT meyakini Indonesia masih dipenuhi oleh masyarakat yang memiliki jiwa dermawan. Melalui program ini, dapat meringankan para dermawan menunaikan ibadah kurban setiap tahunnya.

"Insa Allah ditahun ini, kami niatkan untuk menyalurkan 100.000 kurban setara kambing yang akan menyasar ke 34 provinsi di Indonesia menjangkau 50 Negara. Serta menyapa 7.500.000 penerima manfaat warga prasejahtera, wilayah konflik, dan bencana," ucap Ibnu.

Aksi Cepat Tanggap ( ACT) akan menyalurkan hewan kurban di seluruh pelosok Negeri hingga berbagai penjuru dunia pada momentum Iduladha 1440 H. Setiap orang bisa berkurban dengan harga Rp. 1.650.000 rupiah perekor kambing. Para jamaah bisa ber qurban via tautan bit.ly/QurbanDermawan. Untuk info lebih lanjut bisa konfirmasi ke 0822 2770 9422. (Ive)