DIY Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 12 Juli 2019 / 10:24 WIB

Pendaftar PPDB 2019 SMP di Sleman Bermasalah, Ini Penjelasan Disdik

SLEMAN,KRJOGJA.com - Kepala Dinas Pendidikan Sleman, Sri Wantini mengatakan dari total pendaftar 12.500, kiranya sebanyak 260 pendaftar yang masih bermasalah. Belum dipastikan penyebabnya, namun tidak akan lepas tangan.

Sri mengungkapkan penerimaan PPDB SMP negeri di Sleman telah diumumkan pada Kamis (04/07/2019). Namun, para orang tua pendaftar menyampaikan protes karena ada beberapa masalah lantaran nama anaknya tidak terdaftar bahkan hilang.

"Terkait dengan penguman PPDB 2019 di Sleman terdapat beberapa hal yang meresahkan masyarakat. Nama siswa yang seharusnya diterima namun tidak muncul. Kepala sekolah diminta untuk melakukan penelusuran data. Hasil penelusuran akan ditinjau menggunakan data base awal," kata Sri kepada wartawan saat jumpa pers di kantor Dinas Pendidikan Sleman. Jum'at (05/07/19).

Selain itu, kata Sri juga ada siswa yang seharusnya diterima dipilihan pertama, namun namanya berada di daftar pilihan sekolah kedua. Karena itu, sudah meminta kepada 54 kepala sekolah SMP negeri di Sleman untuk menelusuri data pendaftar PPDB dalam sistem zonasi. Penelusuran data ini khusus pendaftar yang diterima.  

"Yang seharusnya masuk tapi tak masuk. Dari hasil penelusuran nanti kami jadikan dasar pertimbangan penempatan calon siswa selanjutnya.  Penyebabnya beragam, bisa jadi ada kemungkinan tidak masuk karena tergeser oleh sistem dan nilai calon siswa kurang," pungkasnya.

Sri menambahkan dari hasil penelusuran kepala sekolah nantinya akan segera dibahas lebih lanjut. Hasil dari pertamuan itu akan diumumkan di sekolah masing-masing pada Sabtu, 06 Juli 2019.  (Ive)