Jateng Editor : Danar Widiyanto Jumat, 12 Juli 2019 / 02:10 WIB

Lagi, Dua Klien Selesai Jalani Rehabilitasi Narkotika

PURBALINGGA, KRJOGJA.com - Dua klien Klinik Pratama Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Purbalingga dinyatakan selesai menjalani layanan rehabilitasi rawat jalan, Kamis (11/7/2019). Kedua klien laki-laki itu, KAP (23) dan KA (23) menjalani layanan terapi simptomatis dan konseling 8 kali pertemuan oleh dokter dan konselor Klinik Pratama BNNK Purbalingga.

Catatan hasil perkembangan klien terus menunjukkan perbaikan dan bertahan pada posisi abstinen (tidak memakai kembali narkoba). Klien juga telah memiliki aktivitas konsisten menuju pola hidup yang sehat mandiri dan produktif.

"Itu tiga syarat utama yang telah dipenuhi oleh kedua klien tersebut, sehingga sudah dapat dinyatakan selesai menjalani layanan rehabilitasi rawat jalan," tutur Kepala BNNK Purbalingga, Sudirman, Kamis (11/7/2019) malam.

Sudirman yang didampingi Kasi Humas Awan Pratama dan Kasi Rehabilitasi, Wahyu Eni Pujihastuti menambahkan, sejak beroperasi pada awal 2019,  Klinik Pratama BNNK Purbalingga telah menangani tidak kurang dari 15 klien yang terdiri 14 laki-laki dan 1 perempuan. Klien pertama datang pada tanggal 20 Februari 2019, dan terakhir pada 28 Juni 2019. Rentang usia klien adalah 20-23 tahun. 

"Jenis zat yang disalahgunakan meliputi Methampethamine (Shabu) oleh 3 klien dan golongan sedatif atau psikotropika 12 klien," ujarnya.

Rata-rata klien menjalani menjalani layanan terapi simptomatis dua minggu sekali selama empat bulan. Hingga kini, enam klien dinyatakan selesai layanan program rehabilitasi rawat.

BNNK Purbalingga menerbitkan surat keterangan bagi klien yang dinyatakan selesai menjalani layanan rehabilitasi rawat jalan. Selanjutnya dapat diikutkan program pascarehabilitasi," ujar Sudirman.  (Rus)