Pendidikan Editor : Danar Widiyanto Jumat, 12 Juli 2019 / 06:10 WIB

Siap Hadapi Industri 4.0, STIPRAM Wisuda 1.162 Mahasiswa

BANTUL, KRJOGJA.com - Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo (STIPRAM) Yogyakarta mewisuda 1.162 mahasiswanya, Kamis (11/7/2019) bertempat di kampus utama Banguntapan. Lulusan D3, S1 dan S2 tersebut disiapkan untuk menghadapi revolusi industri 4.0 yang saat ini menyentuh berbagai lini kehidupan manusia. 

Ketua STIPRAM, Dr Suhendroyono mengungkap revolusi industri global saat ini terasa cukup cepat berjalan yang dinilai mampu mendorong model bisnis Indonesia untuk berkembang. Menurut dia, bidang pariwisata menjadi salah satu yang diuntungkan dengan perkembangan industri 4.0. 

“Bangsa Indonesia punya potensi sangat bagus untuk menjalankan model 4.0 terlebih untuk bidang pariwisata, peningkatan kunjungan wisatawan, daya jual hotel dan restoran ini sangat mendukung terciptanya industri global 4.0. Untuk menciptakan hal tersebut, tidak bisa dilakukan tanpa menyentuh SDM, kesadaran masyarakat dan perhatian pemerintah,” ungkap Suhendroyono di hadapan para lulusan. 

Suhendroyono mengungkapkan, kampus sebagai penyedia SDM berkualitas harus mampu menciptakan lulusan berdaya saing, termasuk menghadapi masyarakat internasional. "Pemerintah sudah menyiapkan route map untuk industri global 4.0, oleh karena itu pengelola perguruan tinggi harus bisa mengimbanginya, bentuknya bisa dilakukan dengan menyiapkan fasilitas pembelajaran yang similiar dengan kemajuan teknologi,” sambung dia. 

Secara khusus di dunia pariwisata, STIPRAM berharap lulusannya mampu memanfaatkan peluang yang terbuka lebar di era industri 4.0. “Jangan sampai generasi muda hanya dimanfaatkan oleh teknologi tapi sebaliknya bisa memanfaatkan dengan maksimal khususnya di dunia pariwisata,” tandas dia. 

Sementara, Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia Wilayah V DIY, Dr Kasiyarno, turut menyampaikan harapan agar STIPRAM terus berkomitmen menjaga kualitas lulusan untuk memenuhi kebutuhan SDM kepariwisataan handal. (Fxh)