DIY Editor : Danar Widiyanto Jumat, 12 Juli 2019 / 07:10 WIB

Kompetisi Plumbing dan Heating Diikuti 11 Peserta Se-Indonesia

BANTUL, KRJOGJA.com - Kompetisi Plumbing dan Heating yang diadakan dalam rangka Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Nasional diikuti 11 peserta seluruh Indonesia. Lomba ini bertujuan menjaring siswa terampil yang akan maju pada ajang serupa di tingkat Asean dan dunia. 

Sales Manager PT Cahaya Selatan International, Pipa Toro 25 yang menjadi sponsor pelaksanaan kompetisi ini, Kamis (11/7/2019) di stand kompetisi Plumbing dan Heating LKS SMK Nasional di Jogja Expo Center menuturkan perusahaannya berkomitmen mendukung perkembangan dunia pendidikan melalui program CSR. Salah satunya dengan menfasilitasi kompetisi bergengsi ini. 

"Harapannya SMK sebagai sekolah vokasi mampu mendidik siswa menjadi generasi siap kerja berkualitas dan berprestasi tingkat dunia," tegasnya.

Juri Plumping dan Heating, Santosa Ahmad menambahkan kompetisi Plumbing dan Heating diawali seleksi di tingkat propinsi. Dari 34 provinsi dipilih 34 siswa terbaik dari seluruh SMK. Kemudian dari 34 ini disaring menjadi 11 peserta mengikuti kompetisi nasional ini.

"11 peserta berasal dari Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, DKI Jakarta, Bali, Sumatra, Kalimantan dan Mataram," jelasnya.

Santoso menambahkan target pelaksanaan ingin mengukur skill level teknisi sebagai acuan mengikuto Asian Skill Competition dan kompetisi tingkat dunia nanti.

"11 peserta akan diambil 3 kemudian diadu lagi dan diseleksi menjadi dua untuk bertanding tingkat Asia kemudian disaring satu yang terbaik untuk berkompetisi tingkat dunia," jelas Santoso. 

Dengan adanya perlombaan semacam ini pihaknya berharap siswa SMK di Indonesia mampu bersaing dengan siswa dari seluruh dunia.

"Kami berharap siswa SMK di Indonesia dapat mengharumkan nama negara dengan taburan prestasi. Dari 11 peserta ada beberapa yang merupakan atlet dunia dari provinsi DKI, Bali dan Jateng. Mereka sudah pernah ikut perlombaan level dunia," tandasnya.(Aje)