Jateng Editor : Agus Sigit Kamis, 11 Juli 2019 / 20:32 WIB

TMMD Sengkuyung II Dibuka di Pengkol

SUKOHARJO, KRjogja.com - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II dibuka di Desa Pengkol, Kecamatan Nguter, Kamis (11/7). Sejumlah program kegiatan telah disiapkan baik sasaran fisik dan non fisik. Diharapkan pelaksanaan TMMD mampu mempercepat pelaksanaan pembangunan di daerah.

Wakil Bupati Sukoharjo Purwadi saat membuka kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Pengkol, Kecamatan Nguter mengatakan, keberadaan program TMMD sangat baik bagi masyarakat maupun daerah. Sebab banyak program disiapkan pada pelaksanaan TMMD tersebut. Kegiatan tersebut seperti pembangunan fisik dan non fisik.

Keberadaan pembangunan dapat membantu daerah dalam mempercepat kemajuan masyarakat. Seperti dicontohkan dalam program pembangunan jalan dalam TMMD mampu dijadikan sebagai akses bagi masyarakat. Dampaknya laju tingkat ekonomi menjadi lebih lancar dibanding sebelumnya saat kondisi jalan rusak.

“Harapannya kesejahteraan masyarakat di daerah juga meningkat. Selain sasaran pokoknya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, TMMD juga bertujuan sebagai upaya mempererat kemanunggalan TNI dengan rakyat,” ujarnya.

Pada pelaksanaan TMMD juga menitikberatkan pada pentingnya gotong royong antara TNI dengan masyarakat. Sebab dengan begitu maka pelaksanaan program pembangunan dapat terselesaikan. Peran penting inilah yang kembali ditanamkan pada masyarakat.

“Sasaran TMMD seperti di desa miskin dan terpencil dan daerah kumuh perkotaan. Dengan adanya TMMD maka wilayah tersebut diharapkan menjadi lebih maju,” lanjutnya.

Perwira Pelaksana TMMD Kapten Czi Hartono dalam laporannya mengatakan, ada banyak kegiatan pada pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Pengkol, Kecamatan Nguter. Sasaran fisik pokok berupa pembangunan jalan beton di Dukuh Sawah Jero RT 2 RW 4 dengan panjang 937 meter, lebar 2,5 meter dan ketebalan 0,12 meter serta pembangunan jembatan di Dukuh Sawah Jero RT 2 RW 4 dengan panjang 2,70 meter, lebar 4 meter dan tinggi 1,80 meter. Untuk sasaran tambahan berupa pembuatan dua unit Poskamling di Dukuh Sawah Jero RT 1 RW 4, rehap dua unit masjid masing-masing Masjid Al Barokah di Dukuh Jatirejo RT 3 RW 6 dan masjid Al Hidayah di Dukuh Sawah Jero RT 1 RW 4. Sasaran tambahan lainnya adalah pembuatan tiga unit jamban keluarga serta rehab rumah tidak layak huni.

Sasaran nonfisik berupa penyuluhan wasbang bela negara, penyuluhan kamtibmas, sosialisasi pembangunan, dan baksos pengobatan massal. Sumber dana TMMD Sengkuyung Tahap II sendiri berasal dari APBD provinsi sebesar Rp 225 juta, APBD Sukoharjo Rp 150 juta, serta CSR Bank Jateng Rp 100 juta sehingga totalnya mencapai Rp 475 juta.

“Manfaat program TMMD adalah terwujudnya peningkatan pembangunan pedesaan dan kesejahteraan, peningkatan cinta tanah air dan bela negara, peningkatan kesadaran berbangsa dan bernegara, dan terwujudnya keamanan dan ketertiban masyarakat. Selain itu, juga terwujudnya peningkatan keimanan dan ketaqwaan pada Tuhan Yang Maha Esa,” ujarnya. (Mam)