Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 12 Juli 2019 / 09:25 WIB

Sekdes Ujung Tombak Pembangunan Desa

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Sekretaris desa (Sekdes) kini menjadi ujung tombak pembangunan desa. Bahkan tanggungjawab secara administrasi juga menjadi beban yang cukup berat namun tetap harus dilaksanakan dengan baik.

Hal itu terungkap dalam silaturahmi akbar dan peringatan HUT Paguyuban Sekretaris Desa se Kabupaten Purworejo (Prasojo) yang berlangsung di pendapa rumah dinas bupati setempat.

Dengan beban tugas yang cukup berat ini menurut Ketua DPRD Purworejo Luhur Pambudi ST MM, maka setiap Sekdes harus meningkatkan kwalitasnya. “Pelaksanaan pembangunan desa juga menjadi tanggungjawab sekdes yang cukup berat, termasuk secara administrasi,” katanya, Kamis (11/7).

Setiap sekdes lanjut Luhur Pambudi, juga harus paham peraturan, serta batas kewenangan. “Tak jarang pula sekdes yang justru berlaku seperti kades,” katanya mengkritik.

Kegiatan yang baru pertama kali digelar ini menurut panitia kegiatan Anang Purwanto SPd, diantaranya untuk mempererat silaturahmi antarsekdes, sekdes dengan pemerintah kabupaten (Pemkab) dan stakeholders lainnya.

Sementara itu Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM menilai bahwa sekdes merupakan jabatan yang penuh tantangan karena dalam melaksanakan tugasnya diperlukan kemampuan administratif dan juga sikap yang arif serta bijaksana karena senantiasa berhubungan langsung dengan masyarakat, sehingga kebersamaan dan juga kerjasama yang baik dengan kades serta perangkat desa lainnya harus senantiasa dilakukan.

“Prasojo sebagai wadah para sekretaris desa, memiliki peran penting dan strategis baik bagi para sekdes sendiri maupun masyarakat pada umumnya,” katanya. (Nar)