Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 11 Juli 2019 / 16:40 WIB

Yarsis Terima Hasil Pra Visitasi DKK Sukoharjo

SUKOHARJO, KRJOGJA.com - Yayasan Rumah Sakit Islam Surakarta (Yarsis) sudah menerima hasil pra visitasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo. Tahap selanjutnya menunggu pelaksanaan visitasi dari tim Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah terhadap Rumah Sakit Islam Surakarta (RSIS) Pabelan, Kartasura. Apabila sudah selesai maka tinggal menunggu izin operasional turun untuk membuka pelayanan pada masyarakat.

Ketua Pengawas Yarsis Muhammad As’ad, Kamis (11/7) mengatakan, sejumlah tahapan telah dilalui setelah sebelumnya pihak Pengadilan Negeri (PN) Sukoharjo melaksanakan constatering atau pencocokan aset di RSIS Pabelan, Kartasura pada Jumat (28/6) lalu. Hasil dari PN Sukoharjo tersebut kemudian disampaikan Yarsis sebagai bahan lampiran ke DKK Sukoharjo untuk memperkuat mendapatkan hasil pra visitasi.

Dasar pelaksanaan constatering atau pencocokan aset di RSIS Pabelan, Kartasura sesuai dengan penetapan dalam Nomor 1/Pen.Pdt/ constatering/2019/PN.SKH jo, Nomor 3/Pdt.Eks/2018/PN.SKH jo, Nomor 95/Pdt.G/2015/PN.SKH jo, Nomor 395/PDT/2016/PT.SMG jo, Nomor 2530 K/Pdt/2017 jo, Nomor 61 PK/Pdt/2019 tentang Constatering. 

Kelengkapan tersebut kemudian ditindaklanjuti DKK Sukoharjo dengan mengirimkan hasil pra visitasi terhadap RSIS Pabelan, Kartasura ke Yarsis pada Senin (8/7). Dalam hasil yang diberikan tersebut ada beberapa catatan dari DKK Sukoharjo terhadap Yarsis untuk kelengkapan RSIS Pabelan, Kartasura sebelum beroperasi.

“Catatan dari DKK Sukoharjo sesuai hasil pra visitasi terhadap RSIS Pabelan, Kartasura langsung kami lengkapi. Yarsis siap sepenuhnya terhadap kelengkapan tersebut,” ujarnya.

Beberapa catatan sesuai hasil pra visitasi dari DKK Sukoharjo terhadap RSIS Pabelan, Kartasura termuat dalam lima bidang. Pertama berkaitan dengan administrasi dan manajemen sesuai PMK Nomor 56 tahun 2014. Catatanya seperti, perlu dilengkapi dengan surat pernyataan kesanggupan mentaati ketentuan dibidang kesehatan. Empat bidang lainnya yakni sumber daya manusia, instalasi laboratorium, DPUPR dan pengelolaan lingkungan hidup.

“Hasil pra visitasi DKK Sukoharjo nanti akan jadi dasar bagi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah bersama tim melakukan visitasi ke RSIS Pabelan, Kartasura,” lanjutnya. (Mam)