DIY Editor : Agus Sigit Rabu, 10 Juli 2019 / 19:35 WIB

MM UGM Kembali Luncurkan Buku Kasus Manajemen Perusahaan

SLEMAN, KRJOGJA.com - Program magister Manajemen (MM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gajah Mada (Feb UGM) kembali meluncurkan buku soal kasus-kasus manajemen perusahaan di Indonesia ke-5. Kali ini mengupas tuntas manajemen di sepuluh perusahaan diantaranya Wikikopi, Danone Aqua, Sarinah, Adhi Karya, dan Aneka Gas Industri.

Manajer MM UGM Bayu Sutikno mengatakan buku tersebut ditulis oleh para mahasiswa bersama dosen secara bersam-sama menganalisis setiap kasus manajemen perusahaan meliputi bidang kepemimpinan, tingkat keberlanjutan perusahaan dan manajemen perusahaan.

"Peluncuruan buku ini akan diluncurkan pada perayaan peringatan Dies ke-31 pada bulan Juli ini," kata Bayu dalam keterangannya. Rabu (10/07/19).

Sebagai salah satu penyunting dalam buku tersebut, menurutnya analisis kasus manajemen dari berbagai perusahaan akan menjadi bahan pembelajaran bagi mahasiswa MM UGM (S2). Menambah pengetahuan mereka dari pengalaman perusahaan untuk tetap bisa bertahan dan terus berkembang.

“Tidak berbeda dengan sekolah bisnis di luar negeri, buku semacam ini digunakan MM UGM sebagai rujukan bahan pembelajaran di kelas,” ucap Bayu.

Sejak 2012 silam, MM UGM telah menerbitkan 5 buku tentang kasus-kasus manajemen perusahaan yang memuat sekitar 50 perusahaan. Penerbitan rutin buku seri kasus manajemen menurutnya sebagai bentuk komitmen MM UGM untuk terus berkontribusi dalam peningkatan kualitas proses pembelajaran.

Melalui analisis bersama, dapat memperkaya perspektif mahasiswa. Bahkan dari kasus manajemen yang ada, bisa menjadi acuan bagi pemimpin perushaan tingkat nasional maupun tingkat global.

Buku ke-5 menganalisis soal kasus manajemen perushaan bertajuk Leadership and Sustainable Management. Yang diperoleh dari 10 kasus yang didalamnya memberikan dampak lebih luas soal pembelajaran. Salah satu isi buku tersebut mengupas tentang tantangan PT Sarinah dalam menghadapi bisnis retail atau e-commerce yang sudah berkembang pesat di tanah air.

Perusahaan yang berdiri sejak 1962 itu yang mengemban misi mempromosikan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta memeliharta karya budaya bangsa. Selain bergerak di bisnis retail juga melakukan kegiatan ekspor impor dan distribusi barang, perhotelan dan perdagangan valuta asing.

Buku ini juga mengupas perjalanan Adhi Karya dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Meski bergerak dalam binis konstruksi namun inovasi dan digitalisasi digunakan untuk mempercepat proses kerja dan meningkatkan produktivitas perusahaan. (Ive)