DIY Editor : Ivan Aditya Rabu, 10 Juli 2019 / 13:32 WIB

Pilkades Serentak di Gunungkidul Digelar November

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul tahun 2019 ini akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak dan menurut rencana akan digelar pada November mendatang. Saat ini berbagai persiapan telah dilakukan termasuk yang berkaitan dengan bakal calon kepala desa dan persiapan dari pemerintah.

”Kesiapan penyelenggaraan Pilkades serentak di 56 desa sudah kami lakukan termasuk sosialisasi kepada masyarakat,” kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD) Gunungkidul, Muhammad Farhan.

Terkait dengan perencanaan dan penyelenggaraan Pilkades serentak, pihaknya menjelaskan, pada bulan Juli ini telah mulai melakukan sejumlah tahapan. Sesuai dengan regulasi yang ada, dijadwalkan pada bulan ini, Pemkab mulai menyebar tim untuk melakukan sosialisasi ke desa-desa yang akan menyelenggarakan pilkades serentak.

Sosialisasi ini jadwalkan selesai akhir bulan Juli ini dan semua berkas sudah siap dan tim akan terjunkan ke lapangan untuk memberikan sosialisasi Menurutnya, tahapan pilkades akan dimulai dengan pembentukan panitia pilkades oleh Kepala Desa dan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Kemudian panitia diminta untuk membuat tata tertib penyelenggaraan di masing-masing desa. (Bmp)