DIY Editor : Tomi sudjatmiko Rabu, 10 Juli 2019 / 10:39 WIB

DOKTER GIGI, PENULIS NOVEL DAN 'KESERMPET' RATNA SARUMPAET

Inilah, Profil Hanum Salsabiela Calon Wakil Ketua DPRD DIY

HANUM Salsabiela Rais kembali mencuat setelah berhasil lolos di DPRD DIY usai Pemilu legislatif lalu.  caleg PAN terpilih dari Dapil DIY VI atau Sleman Utara digadang-gadang bakal menempati posisi wakil ketua DPRD DIY 2019-2024. 

Salah satu caleg termuda yang terpilih tersebut berpotensi mengisi jabatan wakil ketua yang menjadi hak PAN setelah finish di empat besar pemilu 17 April lalu. Lalu, siapa Hanum Salsabiela Rais sebenarnya?

BACA JUGA :

Putri Amin Rais Muncul Jadi Kandidat Wakil Ketua DPRD DIY

Amien Rais: PAN Jangan ‘Rabun Ayam’ Menentukan Arah Koalisi

 

Perempuan kelahiran Yogyakarta, 12 April 1982 adalah mantan presenter berita Reportase di Trans TV. Hanum merupakan putri dari Amien Rais dan Kusnasriyati Sri Rahayu. Dia menempuh pendidikan dasar Muhammadiyah di Yogyakarta hingga mendapat gelar Dokter Gigi dari FKG Universitas Gajah Mada.

Hanum menjadi jurnalis dan presenter di Trans TV. Ia ikut berangkat ke Eropa ketika suaminya, Rangga Almahendra, seorang dosen dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM melanjutkan kuliah di sana. Di sana, Hanum bekerja untuk proyek video podcast Executive Academy di WU Vienna selama 2 tahun. Ia juga tercatat sebagai koresponden detik.com bagi kawasan Eropa dan sekitarnya.

Tahun 2010, Hanum menerbitkan buku pertamanya berjudul Menapak Jejak Amien Rais: Persembahan Seorang Putri untuk Ayah Tercinta. Sebuah novel biografi tentang kepemimpinan, keluarga, dan mutiara hidup. Setelah itu, ia menerbitkan buku Berjalan di Atas Cahaya dan 99 Cahaya di Langit Eropa yang kemudian diadaptasi menjadi film 99 Cahaya di Langit Eropa dan 99 Cahaya di Langit Eropa Part 2.

"Menurut saya, makna sebuah perjalanan harus lebih besar dari pada itu. Bagaimana perjalanan tersebut harus bisa membawa pelakunya naik ke derajat yang lebih tinggi, memperluas wawasan sekaligus memperdalam keimanan. sebagaimana yang dicontohkan oleh perjalanan hijrah Nabi Muhammad saw. dari Mekah ke Madinah. Umat Islam terdahulu adalah "traveler" yang tangguh." Tutur Hanum dalam novelnya 99 Cahaya di Langit Eropa.

Pada 19 Oktober 2018, Hanum dilaporkan ke Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI) atas tuduhan ikut serta dalam menyebarkan kabar hoax pengeroyokan Ratna Sarumpaet dengan menyatakan bahwa ia ikut serta dalam memeriksa luka leban Ratna, yang ternyata adalah luka hasil operasi. Tak hanya itu, Hanum juga dicemooh karena sempat membandingkan Ratna dengan Cut Nyak Dien.

“Ada dua nama yang minimal akan diusulkan dalam rapat dan nantinya Dewan Pimpinan Pusat (DPP) yang memutuskan. Nantilah, kan belum dibicarakan dan dirapatkan, belum (Hanum),” ungkap Nazar Selasa (9/7/2019). 

Selain PAN, sebelumnya dua partai lain yang memperoleh jatah wakil ketua menemani kader PDI Perjuangan yang menjadi ketua yakni PKS dan Gerindra juga mulai ancang-ancang membahas nama pengisi pimpinan DPRD DIY tersebut. Beberapa nama dari Gerindra dan PKS mulai bermunculan meski masih dalam tahap pembicaraan internal partai. 

Anton Prabu Semendawai, Sinarbiyat dan Danang Wahyu Broto ramai dibicarakan di Gerindra. Sementara PKS pun mulai menyampaikan kriteria dengan titil berat pengalaman yang memunculkan beberapa nama diantaranya Huda Tri Yudiana dan Agus Sumartono yang sebelumnya sudah menjadi wakil rakyat di DPRD DIY. (*)