Jateng Editor : Agus Sigit Selasa, 09 Juli 2019 / 12:35 WIB

UNS Pindah Dua Lokasi KKN di Wilayah KLB Hepatitis

SOLO, KRJOGJA.com - Dua lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang berada di wilayah KLB Hepatitis A Kabupaten Pacitan digeser ke daerah aman. Hal ini karena cukup banyak orangtua mahasiswa yang takut dan khawatir ketika mengetahui lokasi KKN anaknya di Kecamatan Arjosari dan Kecamatan Tegalombo.

Sebagian orangtua ada yang mengirim surat keberatan anaknya ditempatkan di dua kecamatan yang masuk daftar KLB Hepatitis A. Kekawatiran orangtua itu direspon ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Prof Dr Widodo Muktiyo dengan memindahkan ke daerah aman.

"Dua lokasi yang berada di daerah KLB Kami pindahkan ke Kecamatan Donorojo dan Pringkuku," jelas Prof Widodo saat mendampingi rektor Prof Dr Jamal Wiwoho usai pelepasan 3331 mahasiswa KKN periode XI di depan gedung rektorat kampus Kentingan Solo, Selasa (09/7).

Tercatat ada 174 mahasiswa yang ditempatkan di Kecanatqn Donorojo dan Pringkuku. "Mereka tersebar di 18 desa," tambah Dr Pranoto, koordinator dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Pacitan. Dua lokasi baru itu dinyatakan aman karena jaraknya sekitar 60 Km dari daerah KLB Hepatitis A.

Sebanyak 3331 mahasiswa disebar ke dalam 20 Kabupaten di Jawa Tengah, 9 Kabupaten di Jawa Timur, 4 kabupaten di Jawa Barat, 2 Kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta dan 20 Kabupaten di Luar Pulau Jawa. Total lokasi 317 Desa, 91 Kecamatan, 55 Kabupaten dan 16 Provinsi. (Qom)