Kisah Inspiratif Editor : Danar Widiyanto Senin, 08 Juli 2019 / 14:10 WIB

Keluar dari Zona Nyaman, Ummi Selesaikan Studi di Polandia

TAK dapat dipungkiri, banyak generasi muda Indonesia yang cerdas dan berprestasi. Salah satunya adalah Ummi Hani. Perempuan yang biasa dipanggil Ummi itu telah menyelesaikan studi di Universitas Jagiellonian, Jurusan Bioteknologi Molekuler, 28 Juni 2019 lalu. Sebelumnya, Ummi merupakan alumni Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) angkatan 2015. Ummi mendaftar ke universitas bergengsi di Polandia itu dengan beasiswa Ignacy Lukasiewicz yang diberikan oleh pemerintah Polandia.

"Saya mulai kuliah pada 2017 karena kuliah bahasa Polandia dulu selama satu tahun. Lalu selama dua tahun baru kuliah bioteknologi molekuler," ujarnya. Ia menceritakan, menempuh ilmu di Polandia memang cukup sulit karena faktor bahasa. "Setiap ganti subyek, kata kerja ikut berubah. Bahasa Polandia memang dikenal sebagai bahasa paling sesuka hati mengubah bentuk dan banyak pengecualian dalam penggunaan beberapa kata," ungkap Ummi.

Lebih lanjut, Ummi mengakui, kuliah di negeri orang memang tak semudah di Tanah Air. Selain faktor bahasa, budaya juga menjadi kendala. "Kuliah di Polandia ada yang namanya kelas diskusi. Mahasiswa yang ikut sebagian besar adalah mahasiswa Polandia, mereka berbicara cepat dan sulit dipahami. Ditambah, beberapa dosen ada yang tak ingin meringankan beban saya dengan memperbolehkan menjawab menggunakan bahasa Inggris, sehingga saya pernah takut masuk kelas," kenang Ummi.

Kini, ia sudah menyandang gelar master. Namun, kenangan sulitnya kuliah di negeri tersebut tetap tak bisa dilupakan. "Jangan salah, mahasiswa kuliah di luar negeri itu bukan sekedar main-main, tapi mereka mau keluar dari zona nyaman," tukasnya.

5 alasan untuk kuliah di Polandia!

1. Pilihan universitas terbaik di dunia

Menurut Times Higher Education, ada sekitar 12 universitas di Polandia yang termasuk dalam jajaran peringkat universitas – universitas terbaik di dunia.

Beberapa universitas tersebut adalah University of Warsaw, AGH University of Science and Technology, Jagiellonian University, Warsaw University of Technology dan Adam Mickiewicz University.

Universitas terbesar di negara ini adalah University of Warsaw yang menawarkan beberapa program studi unggulan di bidang Arts & Humanities, Life Sciences, Physical Sciences dan Social Sciences.

2. Kualitas pendidikan yang baik

Polandia mempunyai kualitas pendidikan yang baik karena selalu ada badan yang memonitor dan mengevaluasi kualitas pendidikannya.

Badan yang bertanggung jawab untuk memonitor dan mengevaluasi kualitas pendidikan di negaranya adalah Polish Accreditation Committee, the General Council for Science and Higher Education dan the Conference of Rectors of the Academic Schools in Poland.

Ada sekitar 5000 jurusan program studi yang ditawarkan di universitas-universitas dan semuanya harus mendapat persetujuan dari Polish Accredication Committee.

Kalian tidak usah ragu karena dengan monitor dan evaluasi yang ketat, kalian akan mendapatkan kualitas pendidikan yang terjamin.

3. Biaya kuliah dan biaya hidup yang terjangkau

Keuntungan lainnya yang bisa kalian dapatkan sebagai pelajar di Polandia adalah biaya kuliah dan biaya hidup yang masih terjangkau. Biaya hidup yang dikeluarkan tentunya bervariasi sesuai dengan gaya hidup kalian masing-masing.

Sedikit gambaran, biaya hidup mahasiswa di Polandia berkisar antara 350-750 Euro per bulan yang meliputi akomodasi, makanan, transportasi lokal, internet, dan jajan tambahan. Untuk mahasiswa yang belajar di Warsawa atau Krakow biaya hidupnya sedikit lebih tinggi berkisar antara 450-800 Euro per bulan.

Selain itu biaya uang kuliahnya pun tidak setinggi negara-negara Eropa lainnya. Uang kuliah untuk program Bachelor dan Masters mulai dari 2000 Euro per tahun. Tentunya faktor ini merupakan faktor penting yang harus diperhitungkan bila kalian memilih negara tujuan untuk melanjutkan kuliah. Tapi perlu diingat kalian juga harus bijak dalam mengatur pemakaian keuangan kalian.

4. Keragaman budaya

Sebagai pelajar, kalian tentu saja ingin juga menikmati kehidupan di negara tempat kalian belajar. Polandia kaya akan keragamaman budaya nya.

Kota- kota di Polandia sangatlah cantik, dengan banyaknya bangunan-bangunan historis, museum dan keindahan kota nya itu sendiri.

Kalian bisa mengunjungi Royal Castle dan Wilanow Palace di Warsawa dan juga Wawel Castle di Krakow. Selain itu banyak festival-festival musik, film dan budaya yang cukup terkenal seperti Jagiellonian Fair, Wesele Kurpiowskie, Crossroads Festival dan Warsaw International Film Festival yang bisa kalian nikmati sambil berkuliah di sini.

5.Kemudahan transfer kredit ke negara lain

Polandia merupakan anggota aktif Bologna Process. Hal ini memudahkan pelajar untuk mentransfer kredit kuliahnya ke sesama negara Uni Eropa lainnya dan diakui keabsahannya. Banyak pelajar yang datang ke Polandia maupun pelajar Polandia yang ingin belajar ke negara Uni Eropa lainnya menikmati kemudahan ini.

Sudah baca kan betapa asiknya kuliah di Polandia, yuk tunggu apalagi, persiapkan dirimu sedini mungkin untuk kuliah di Polandia! (M-1)