Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 08 Juli 2019 / 14:20 WIB

UNS Siapkan Generasi Tangguh Revolusi Industri 4.0

SOLO, KRJOGJA.com - Sekitar 400 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi mengikuti Digital Talent Scholatship (DTS) 2019 di kampus Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Senin (08/7). Mereka selama dua bulan ditempat soal IT agar menjadi generasi yang tangguh dalam menghadapi revolusi industri 4.0. 

"Mereka dibagi 4 kelas yang masing masing akan berkonsentrasi tentang cyber security, Cloud Computing, big data analysis dan Internet of Things. Selama dua bulan mereka mendapat beasiswa dari Kementerian Informasi dan Informatika. "Ini kerjasama UNS dengan Kominfo," jelas Prof Dr Widodo Muktiyo MCom, Kerua Lembaga Penelitian dan Pengandian Masyarakat (LPPM) UNS usai membuka DTS.

Tahun ini UNS mendapat jatah 400 mahasiswa dari 25 ribu yang tersebar di 30 perguruan tinggi. Pendaftaran langsung secara online di Kominfo. Setelah dites mereka diberi pembekalan dalam upaya meningkatkan kemampuannya sebelum memasuki lapangan kerja. Dengan materi yang telah disiapkan diharapkan mamiliki daya saing di bidang IT.

Big data analisis akan membekali kemampuan dalam analisis data yang setiap saat dalam dalam jumlah besar. Dengan kemampuan ini mereka bisa memilahkan data sesuai kebutuhan. Sementara cyber security mengamankan semuanya. "Empat bidang yang diberikan saling dibutuhkan untuk menghadapi revolusi industri 4.0," tambah Abdul Aziz, wakil direktur vokasi.

Prof Widodo menambahkan 25 ribu mahasiswa yang mengikuti program di atas diarahkan menjadi generasi millenial yang pintar dan produktif sehingga mampu menumbuhkan ekonomi digital. "Tahun depan jumlahnya akan ditingkatkan menjadi 50 ribu." (Qom)