Peristiwa Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 08 Juli 2019 / 12:07 WIB

Hati-hati, Selalu Pakai Alas Kaki di Masjid Nabawi


MADINAH, KRJOGJA.com- Jemaah haji yang ingin mengerjakan Arbain di Masjid Nabawi Madinah diharapkan tetap memperhatikan kesehatan diri. Selalu menyiapkan alat pelindung diri saat keluar hotel.

Pasalnya suhu yang berkisar 45 derajat di siang hari cukup ekstrim bagi tubuh orang Indonesia yang biasanya hanya merasakan suhu kisaran 30 derajat saat siang. Tentu saja kondisi ini rentan menimbulkan hal kurang baik bagi kesehatan jika tidak diantisipasi.

BACA JUGA :

Satu Jemaah Embarkasi Solo Meninggal

Hotel di Madinah Siap Terima Jemaah Haji Indonesia

"Bawa payung, topi, masker atau apapun yang dapat melindungi diri dari paparan sinar matahari. Usahakan menyemprot wajah dengan air sesering mungkin. Jangan lupa banyak minum air putih yang tersedia di tiap tempat untuk mencegah dehidrasi," ucap Komandan Tim Gerak Cepat (TGC) PPIH Arab Saudi 2019 dr Erwinsyah Erick, Senin (9/7).

Untuk sektor khusus Nabawi, TGC sinergi dengan tim perlindungan jemaah (linjam) dan unsur lain siap memberikan layanan bagi jemaah di Masjid Nabawi. Pos seksus Nabawi sendiri berada di samping arah pintu masuk 21.

"Tim posisinya menyebar. Kami saling komunikasi jika ada kejadian," ucap salah seorang anggota tim TGC, Rizal. 

Ia mengatakan karena suhu panas membuat lantai Masjid Nabawi menjadi panas. Karena itu jemaah harus memakai alas kaki dan diminta untuk melepasnya saat berada di depan pintu masjid.

"Jangan membuka alas kaki sebelum pintu masjid karena khawatir kakinya melepuh. Amankan alas kaki, jangan sampai hilang. Kami siapkan juga sendal untuk antisipasi jemaah yang hilang sendal," sebutnya. (Feb)