Peristiwa Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 08 Juli 2019 / 10:24 WIB

Satu Jemaah Embarkasi Solo Meninggal

MADINAH, KRJOGJA.com - Jemaah haji Indonesia Embarkasi Solo (SOC) 2 bernama Sumiyatun Sawi Krama (56) meninggal dunia di dalam pesawat karena serangan jantung saat menuju ke Tanah Suci, Minggu (7/7) sore. 

Berdasar informasi, warga Desa Godog Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo tersebut tergabung dalam rombongan 5 kloter 2 Embarkasi Solo (SOC). Ketua Kloter 2 SOC Lasimin menceritakan, Sumiyatun masuk asrama haji dalam keadaan sehat. Namun setelah diperiksa dokter, diketahui Sumiyatun mengidap penyakit diabetes. 

BACA JUGA :

70.000 Jamaah Haji Indonesia Nikmati Fast Track

Pemerintah tak Fasilitasi Jemaah Haji Tarwiyah

"Saat diperiksa juga biasa, cuma dokter menemukan adanya penyakit gula," kata Lasimin kepada wartawan, Senin (8/7) dini hari waktu Saudi Arabia (WAS).

Saat masuk pesawat Sumiyatun juga sehat. Waktu diberikan makan pertama di pesawat juga dikonsumsi. Namun untuk makan kedua, Sumiyatun sudah tidak mau. Sekitar 50 menit sebelum mendarat, tiba-tiba Sumiyatun muntah. Dia kemudian diperiksa dokter di pesawat dan kondisinya langsung drop. 

"Lemes, setelah itu meninggal dunia. Prosesnya cepat tidak sampai 10 menit," kata Lasimin.

Setelah dinyatakan meninggal, jenazah Sumiyatun segera ditangani kru Garuda. Kejadian ini sendiri telah disampaikan kepada keluarga Sumiyatun di Sukoharjo. Jenazah Sumiyatun dimakamkan di Madinah usai Salat Subuh. (Feb)