DIY Editor : Danar Widiyanto Minggu, 07 Juli 2019 / 00:51 WIB

Jakarta-Yogyakarta Tak Perlu Keluar Masuk Tol, Ini Solusinya

YOGYA, KRJOGJA.com - Setelah terhubungnya Jakarta-Surabaya melalui Trans Jawa, kini pemerintah akan segera menyiapkan Trans Jogja yang menghubungkan Jakarta-Yogyakarta-Solo.

Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Ahmad Yani mengungkapkan, kajian Trans Jogja akan segera dimulai.

"Desain itu memang akan kita persiapkan segera, mungkin kami sih bulan depan kami akan siapkan kajiannya dulu ya," kata dia dalam sebuah acara diskusi bertajuk Menjawab Tangangan Sektor Transportasi Tingkatkan Konektivitas Joglosemar, di Yogyakarta, Sabtu (6/7/2019).

Kendati demikian dia menjelaskan saat ini sebetulnya Jakarta-Jogja-Solo sudah terhubung. Namun kendaraan masih harus keluar masuk jalan tol.

"Mengenai Trans Jogja secara eksplisit dan secara tersirat sebetulnya Trans Jogja, Trans Solo itu sudah jalan, tapi mereka kan masih keluar masuk tol," ujarnya.

Dengan adanya Trans Jogja, diharapkan waktu tempuh dapat ditekan semaksimal mungkin sehingga meski melalui perjalanan darat, waktu yang dibutuhkan tidak akan terlalu lama.

"Kita berharap kan untuk waktu pelayanan yang cepat seperti Trans Jawa Jakarta-Surabaya itu kan enggak ada lagi keluar - keluar (tol) lagi," ujarnya.

Jika kajian sudah selesai dan dapat segera direalisasikan, dia menyebutkan Trans Jogja akan segera direalisasikan dalam waktu dekat.

"Setelah itu baru kita luncurkan lagi seperti saat kita meluncurkan TransJawa. Bulan depan kita lakukan kajian," terangnya.

Tol Yogya - Solo Siap Dibangun

Keputusan untuk membangun pintu masuk dan keluar jalan tol Yogya-Solo melalui wilayah Manisrenggo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, mendapat sambutan positif Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta. Hal ini merupakan opsi tepat karena dapat menghindari situs-situs cagar budaya yang banyak terdapat di wilayah Kalasan dan Prambanan, Sleman.

“Memang trase yang paling memungkinkan jika dibangun jalan tol yaitu melewati Manisrenggo, Klaten. Karena selama ini belum ada laporan temuan situs cagar budaya di wilayah tersebut,” kata Kepala Unit Penyelamatan, Pengembangan dan Pemanfaatan BPCB Yogyakarta M Taufik di Sleman.

Menurut dia, trase yang melewati Manisrenggo tersebut yakni dari jalan ring road Utara Maguwoharjo, Depok Sleman di dekat Lotte Mart menuju belakang Dusun Sambisari, Purwomartani, lalu masuk Dusun Pondok, Selomartani, Kalasan dan tembus Manisrenggo, Klaten. “Di lokasi tersebut memang yang paling sedikit berbenturan dengan cagar budaya,” katanya.

Ia mengatakan, dari Lotte Mart hingga Sambisari belum ada laporan terkait temuan adanya cagar budaya. Oleh karenanya, pembangunan tol dari Lotte Mart hingga Dusun Pondok dibangun dengan elevated atau melayang menjadi pilihan paling rasional. “Jadi nanti kalau ketemu cagar budaya bisa diantisipasi,” katanya.(*)