DIY Editor : Agus Sigit Sabtu, 06 Juli 2019 / 13:39 WIB

476 Kepala SD/SMP Gunungkidul Ikuti Bimtek Sertifikat Elektonik

WONOSARI, KRJOGJA.com - Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olah Raga (Dikpora) Gunungkidul memberikan pembekalan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang  Pemanfaatan Sertifikat Elektronik (tanda tangan digital) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang merupakan merupakan implementasi dari Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE Sabtu (06/07/2019).

“Kegiatan ini diikuti sebanyak  476  Kepala Sekolah SD dan SMP  se Kabupaten Gunungkidul juga pejabat di lingkungan Disdikpora setempat,” kata Kabid SD Disdikpora Gunungkidul  Sumarto, Sabtu (06/07/2019).

Kegiatan ini dilaksanakan kerjasama  dengan  diskominfo dan Balai Sertifikasi Elektronik   (BSrE) dan  Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia dalam rangka mendukung program Gunungkidul <>Smart City<P>  dan peningkatan layanan publik kepada masyarakat khususnya dunia pendidikan. Dokumen pada era siber saat ini sudah dalam bentuk digital. "Sebagai kegiatan tahap awal  dilakukan digitalisasi dokumen administrasi pendidikan yang melibatkan kepala sekolah di Gunungkidul khususnya untuk pemanfaatan tanda tangan digital untuk mempercepat layanan secara murah, mudah dan cepat,"  imbuh Kepada Dinas Kominfo Gununglidul Kelik Yuniantoro.

Era siber pemanfaatan Teknologi Informasi  (TI) sudah menjadi bagian kehidupan masyarakat termasuk dalam layanan pemerintah, dengan tuntutan yang terjamin keamanan, keaslian, keutuhan, cepat, murah dan mudah. Hal tersebut sesuai denan peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik. Juga merupakan amanah Perpres Nomor 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) pasal 40 mengamanahkan penjaminan keamanan SPBE dalam layanan publik salah satu bentuknya berupa sertifikat elektronik.

 Bimtek Sertifikat Elektronik di Kabupaten Gunungkidul. Foto: Bambang Purwanto

Untuk Kabupaten Gunungkidul pemanfaatan sertifikat elektronik yang telah dilaksanakan pada layanan perijinan, pengamanan dokumen produk hukum yang dipublikasikan, rintisan  <I>e-office<P> pada Dinas Kominfo  yang  saat ini sudah dilaksanakan dan akan diperluas program  penerbitan sertifikat elektronik  tersebut di Dinas Dikpora untuk pejabat dan kepala sekolah SD-SMP se-Kabupaten Gunungkidul;

Penerapan sertifikat elektronik yang menerapkan prinsip keamanan, keaslian, keutuhan dan nir-penyangkalan pada sistem elektronik di Pemkab Gunungkidul untuk mendukung implementasi program Smart City di Kabupaten Gunungkidul. Karena itu kegiatan ini langsung disampaikan dihadapan 476 Kepala Sekolah tingkat SD dan SMP se-Gunungkidul. Hadir pada kesempatan ini Kabid SMP, Kisworo, Kabid SD, Sumarto, Kabid Santik Kominfo, Joko Hardiyanto dan Tim BSrE yang dipimpin oleh Eko Yon Handri. “Era siber pemanfaatan TI sudah menjadi bagian kehidupan masyarakat termasuk dalam layanan pemerintah kepada masyarakat, dengan tuntutan yang terjamin keamanan, keaslian, keutuhan, cepat, murah dan mudah,” terang Kadiskominfo Gunungkidul. (Bmp)