DIY Editor : Danar Widiyanto Jumat, 05 Juli 2019 / 22:55 WIB

GKR Hemas: DPD RI Siap Gencarkan Aksi Legislasi

BANTUL, KRJOGJA.com - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2019-2023 berkomitmen menggencarkan aksi-aksi legislasi dengan lebih efektif. Sementara itu, beberapa keputusan yang sangat berpengaruh bagi masyarakat Indonesia dari DPD RI yakni terwujudnya Undang-Undang (UU) Desa dan UU Kelautan. 

Anggota DPD RI, GKR Hemas kepada wartawan, Jumat (5/7/2019) menuturkan dilihat dari kualitas lembaga pada periode 2019-2023 ini lembaga terkesan lebih baik. “Tujuh puluh persen anggota DPD RI terpilih yakni orang muda, 30 persen perempuan, dan sekitar 80 persen punya pengalaman politik. Masyarakat dapat melihat secara terbuka dan jelas aksi-aksi legislasi-legislasi dari kami yang menarik dan bermanfaat bagi warga ke depan,” katanya optimis.

Anggota DPD RI yang telah empat kali terpilih ini pernah melambungkan namanya lantaran mengusulkan perubahan kelima UUD 1945. "Karena amendeman UUD 1945 diperlukan untuk memperkuat kewenangan dan fungsi DPD agar lebih bermanfaat bagi daerah,” tambahnya. 

Selama menjadi wakil ketua periode 2009-2014 lalu tercatat DPD RI menghasilkan 319 keputusan. Anggota DPD RI periode 2019-2024 ini juga menyatakan ada keseimbangan antara politisi senior dan politisi junior sehingga formasi menjadi pas dan dinamis saat ini. Selain unsur tersebut, keseimbangan  kualitas anggota dari kawasan Indonesia Timur, Tengah, dan Indonesia Barat memberikan peluang baru bagi kepentingan warga Indonesia secara luas. 

"Kondisi ini memberi harapan baru bagi DPD RI yang tujuan utamanya mewakili kepentingan daerah di parlemen. Dengan kualitas anggota yang lebih baik, tentu fungsi-fungsi dapat dijalankan dengan lebih baik pula," tambahnya. (Aje)