Olahraga Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 04 Juli 2019 / 05:35 WIB

Ikuti 3 Nomor Catur Asia, Indonesia Realistis

KARANGANYAR, KRJOGJA.com -  Perolehan medali perak oleh Novendra Priasmoro (U-20 putra) di Asian Juniors Chess Championship (AJCC) 2019 pada nomor catur cepat, menegaskan target Indonesia tak muluk-muluk.

Di nomor itu, Indonesia harus berpuas meski pecatur putri tak masuk tiga besar. “Indonesia mengharapkan dua emas di nomor ini. Sebenarnya catur cepat yang dipertaruhkan. Baik untuk putra maupun putri. Kita dapat rangking dua (perak) sudah bagus. Sebab, lawannya kuat-kuat seperti dari India dan dan Vietnam,” kata Pengurus Besar (PB) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi), Utut Adianto kepada wartawan di Lorin Hotel, Colomadu, Karanganyar, Selasa (2/7).

Di turnamen yang diikuti 11 negara Asia ini, mempertandingkan tiga nomor. Yakni standard, rapid, kilat. Di nomor standard, atau catur klasik, memilik waktu 90 menit plus 30 detik per langkah. Untuk nomor rapid, waktu pikirnya 15 menit plus 5 detik per langkah. Adapun pada nomor kilat, waktu pikirnya hanya 3 menit plus 20 detik per langkah.

Menurut Utut, pecatur negara lain memiliki semangat juang tinggi dan sejarah panjang pecaturan dunia. Salah satu lawan terberat dari India bergelar Grandmaster (GM) bernama Venkataraman Karthik. Namun itu tidak membuat Indonesia menyerah. Ia berharap di nomor catur klasik, pecatur muda Indonesia menunjukkan performa lebih baik. Pada nomor catur cepat pada Senin (1/7) dimenangkan Nguyen Anh Khoi asal Vietnam pada U-20 putra. Sedangkan untuk U-20 putri dimenangkan Mordido Kylen Jon asal Pilipina.

“Masih ada nomor catur klasik. Waktunya panjang dia. Babaknya ada 9, jadi sampai 9 hari ke depan main terus. Yang terbanyak poinnya menang. Kalau juara kelompok usia 20 (U-20), langsung diberi gelar master internasional (MI),” katanya.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB) Percasi, Kristinus Liem menaruh harapan besar ke semua pecaturnya. Kesempatan Indonesia meraih emas terbuka dengan kemenangan Novendra di nomor catur cepat.

“Kita terbukti bisa bersaing. Novendra merebut enam poin dari tujuh babak. Novendra sengaja diturunkan di nomor ini karena sudah bergelar GM pada nomor standar. Enggak ada ambisi lagi di nomor klasik. Ia akan turun lagi di nomor catur kilat,” katanya.

Sejumlah nama pemain nasional digadang-gadang menunaikan ambisi juara Asia. Seperti Ummi Fisabilillah (U-20 putri) yang akan turun di ketiga nomor. AJCC 2019 penting bagi pemenang Seagames ini untuk meraih gelar GM. Peluang lainnya juga dikejar Dita Karenza, Arif Abdul Hafiz, Catur Adi Sagita, Aditya Bagus Arfan dan Gilbert Elroy Tarigan. (Lim)