DIY Editor : Ivan Aditya Jumat, 28 Juni 2019 / 15:34 WIB

Tinggalkan Kunci di Dashboard, Memancing Pelaku Curanmor Beraksi

YOGYA, KRJOGJA.com - Kapolsek Kraton Kompol Etty Haryanti mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menyimpan kunci di dashboard motor. Bagaimanapun saat motor ditinggalkan baik di parakiran atau di tempat umum, kunci dipastikan tercabut dan harus dibawa oleh pemiliknya.

"Pesan kamtibmas kepada warga Kraton Yogyakarta pada khususnya dan pada umumnya DIY, jika parkir di tempat tempat keramaian tolong kunci motor jangan ditinggal di motor atau di dashboard. Yang sering terjadi itu karena kelalaian pemilik tersebut,biasanya beserta HP dan dompet," kata Kapolsekta Kraton, Kompol Etty Haryanti di ruang kerjanya, Kamis (27/06/2019).

Baca juga :

Pelaku Curanmor Jadikan Alkid Lokasi Sasaran Operasi

Bahkan bila perlu pemilik kendaraan bisa memasang kunci atau pengaman tambahan. Hal ini penting agar pelaku kejahatanb bisa menyasar kendaraan tersebut dan berpikir dua kali jika hendak beraksi.

Etty Haryanti menambahkan, selama seminggu ini jajarannya terjun ke wilayah baik secara terbuka maupun tertutup. Alun-alun Kidul (Alkid) Yogyakarta dan beberapa tempat kera maian menjadi sasaran utama pemantauan terutama saat jam-jam rawan mulai dari pukul 03.00 WIB - 05.30 WIB.

Menurutnya keberadaan Polisi berseragam itu dinilai penting karena itu merupakan usaha prefentif dari kepolisian. Ia juga mengimbau kepada kepada masyarakat untuk selalu berkodinasi dengan Kepolisian dan melaporkan setiap kejadian yang berpotensi terjadinya tindak kejahatan kepada anggota.

Jajaran Polsekta Kraton berhasil membongkar kasus pencurian kendaraan bermotor (curamor) yang sering terjadi di kawasan Alun-alun Kidul (Alkid) Yogyakarta. ESW (46) warga Gamping Sleman dibekuk petugas dengan barang bukti tiga unit motor. Pelaku sengaja menggasak motor yang ditinggal pemiliknya saat berolah raga di Alkid.

Modus yang dilakukan pelaku yakni ia datang ke Alkid dengan sepeda motornya yang kemudian dititipkan di tempat parkir. Setelah itu ia mencari mangsa warga yang hendak berolahraga dan meninggalkan kendaraannya di sekitar lokasi dengan kunci yang ditaruh di dashboard motor.

Saat pemiliknya lengah tersangka kemudian mengeksekusi motor tersebut dan dibawanya pulangke rumahnya di Gamping. Setelah sukses beraksi mencuri motor ia kemudian lagi ke Alkid dengan naik ojek online untuk mengambil kendaraan miliknya yang ditinggal di sana. (Ive)