Peristiwa Editor : Danar Widiyanto Rabu, 26 Juni 2019 / 01:10 WIB

Layanan Publik Indonesia Kini Telah Diakui Dunia

JAKARTA, KRJOGJA.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin mengatakan, pelayanan publik yang dimiliki Indonesia kini telah diakui oleh dunia.

Hal tersebut dibuktikan dengan penghargaan yang berhasil diraih platform pelayanan publik milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), petabencana.id yang menorehkan prestasi pada United  Nations Public Service Award (UNPSA) 2019 yang diadakan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Dalam ajang tersebut, petabencana.id menjadi juara pada kategori Memastikan Pendekatan Terintegrasi di Lembaga Sektor Publik.

"Dengan penghargaan ini, membuktikan pelayanan publik Indonesia yang berkelas dunia semakin nyata," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (25/6/2019).

Syafruddin mengungkapkan, Indonesia memang telah berkomitmen meningkatkan pelayanan publik dengan mewujudkan agenda Sustainable Development Goals (SDGs) pada 2030 melalui Gerakan Indonesia Melayani.

Pemerintah Indonesia juga gencar menggaungkan masyarakat yang damai dan inklusif untuk pembangunan berkelanjutan, membangun institusi pemerintah yang efektif dan akuntabel, serta mengurangi kesenjangan melalui peningkatan kualitas pelayanan publik.

Dia menjelaskan, di era globalisasi ini, tentu kolaborasi dan kerja sama dengan berbagai negara adalah hal yang cukup penting untuk optimalisasi pelayanan publik.

"Kami juga membuka kesempatan luas untuk kolaborasi dengan mitra kerja internasional, guna mewujudkan kontribusi signifikan bagi agenda 2030,” ungkap dia.(*)