DIY Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 25 Juni 2019 / 12:44 WIB

Proyek Underpass Kentungan Dilanjutkan

SLEMAN,KRJOGJA.com- Proyek Underpass Simpang Empat Kentungan di Jalan Kaliurang, Kabupaten Sleman dilanjutkan kembali. Pengalihan arus lalu lintas dilakukan hari ini sehubungan dengan pekerjaan zona X.

Petugas kepolisian Sleman bersama Dinas Perhubungan melakukan pengalihan arus lalu lintas sehubungan dengan adanya pekerjaan lanjutan itu. Jika sebelumnya pekerjaan ada di zona satu yaitu disebelah barat simpang kentungan dan di lanjutkan untuk zona berikutnya.

"Setelah lebaran ini kita lanjutkan pekerjaan underpass Simpang Empat Kentungan untuk di zona x, zona yang berada dimulut Simpang sehingga diangkap sebagai bundaran karena berada di tengah tengah simpang," kata Kepala Managemen lalu lintas Dinas Perhubungan DIY Bagas Senoaji, selasa (25/06/19).

Menurut Bagas pengalihan Arus dari utara (Kaliurang) ke selatan (arah Kota Yogya) dibelokkan sedikit ke kanan, baru masuk Jalan Kaliurang (selatan). Sedangkan untuk tujuan ke arah Jombor (barat) bisa langsung belok kanan. Dari arah selatan (Kota Yogya) dan timur (Maguwoharjo) juga sama, yakni lebih dulu memutari pembatas jalan yang dipasang di tengah mulut simpang. 

"Adapun dari arah barat (Jombor), bisa langsung belok kanan, lurus atau kiri, sesuai dengan traffic light. Traffic light sebelah selatan kami mundurkan guna memfasilitasi arus lalu lintas, termasuk dari utara," ucapnya.

Bagas menambahkan kebijakan ini dihartapkan antrean ini tidak sampai mengunci arus sebaliknya. Bahkan, siklusnya diubah dari utara waktu hijau 30 detik, timur 45 detik, selatan 25 detik, barat 45 detik dengan waktu kuning menjadi 20 detik.  "Pekerjaan ini diperkiraankan untuk menutup bagian tengah yang disebut bunderan berlangsung sekitar 2 hingga 3 bulan. Kami mohon masyarakat dapat memahami dan dapat menyesuaikan peraturan arus lalu lintas," pungkasnya. (Ive)