DIY Editor : Ivan Aditya Selasa, 25 Juni 2019 / 10:56 WIB

Apayo Bakal Bagikan 5.000 Ekor Ayam Gratis

YOGYA, KRJOGJA.com - Asosiasi Peternak Ayam Yogyakarta (Apayo) dan Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (PINSAR DIY) bakal membagikan 5.000 ekor ayam secara gratis bagi masyarakat, Rabu (26/06/2019) besok. Para peternak akan membagikan ayam gratis di beberapa lokasi yakni Timur Balaikota Yogyakarta, Taman Parkir Sriwedari, Alun-alun Utara dan Gedung Pamungkas (timur Kridosono).

Ketua Apayo, Hari Wibowo mengatakan kegiatan bagi-bagi ribuan ekor ayam ini merupakan bentuk kekecewaan sekaligus protes karena harga ayam anjlok beberapa waktu terakhir. “Ini wujud protes kami karena harga ayam anjlok, sejak 10 bulan lalu tepatnya September 2018,” ungkapnya.

Menurut Hari, selama 10 bulan terakhir, harga ayam selalu berada di bawah HPP, di mana pedagang membeli ke peternak hanya Rp 7-8 ribu per kilogram ayam hidup. “Bahkan ada yang minta di bawahnya, namun ketika dijual harganya sangat tinggi antara Rp 29-30 ribu per kilogram. Kami merasa dirugikan dengan kondisi ini,” tukas Hari.

Alasan inilah yang kemudian membuat para peternak memiliki ide untuk membagikan ayam hidup gratis pada masyarakat dengan jumlah lebih dari 5000 ekor. Selain di Yogya, aksi tersebut juga akan serentak dilakukan di Jawa Tengah.

“Harapannya masyarakat tahu, dari peternak harganya rendah, seharusnya mereka bisa beli ayam jauh lebih murah dari harga saat ini. Kami peternak merugi tapi penjual bisa menjual ayam dengan harga fantastis,” tandas. (Fxh)