DIY Editor : Ivan Aditya Selasa, 25 Juni 2019 / 09:37 WIB

Pemasukan Retribusi Wisata Melebihi Target

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com - Hasil pendapatan retribusi wisata khusus pada musim liburan Lebaran yang diperoleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul tahun 2019 melebihi dari yang ditargetkan. Perhitungan selama liburan sampai dengan pertengahan Juni 2019 tercatat sebesar Rp 1,78 miliar dari yang ditergetkan sebesar Rp 1,3 miliar.

“Kawasan wisata pantai masih menjadi penyumbang terbanyak PAD pariwisata dan tercatat paling banyak dikunjungi wisatawan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Asti Wijayanti.

Meningkatnya kunjungan pariwisata ini, menurut Asti, merupakan dampak dari libur Lebaran kemarin. Dimungkinkan, para wisatawan merasa puas dengan pelayanan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul bersama pelaku wisata, sehingga mereka mau datang kembali.

Mengenai jumlah kunjungan wisatawan yang terbanyak didominasi objek wisata pantai, karena saat ini kondisi alam sangat mendukung serta munculnya destinasi wisata baru yang mulai dilengkapi dengan fasilitas pendukung. “Kita berharap liburan sekolah tahun ini juga akan berdampak signifikan terhadap kunjungan wisata di Gunungkidul,” imbuhnya.

Ditambahkan Sekretaris Dinas Pariwisata, Harry Sukmono, sampai dengan saat ini pihaknya tidak menerima komplain terkait dengan pelayanan pelaku wisata dan hal tersebut akan terus dilakukan evaluasi serta pembenahan pelayanan. Berbagai masukan dan kritik baik menyangkut pelayanan wisatawan maupun hal lain menjadi bahan evaluasi untuk dilakukan pembenahan dan perbaikan.

Dengan harapan agar dengan meningkatnya jumlah wisatawan juga menjadi sebuah tantangan untuk bisa memberikan pelayanan yang baik. “Berbagai masukan kami perhatikan untuk bahan evaluasi dan pembenahan terhadap peningkatan pelayanan kepada wisatawan,” terangnya. (Bmp)