DIY Editor : Agus Sigit Senin, 24 Juni 2019 / 19:30 WIB

Mudahkan Dokter Gigi, Mahasiswa UGM Ciptakan Alat Pembuka Mulut Berkamera

SLEMAN, KRJOGJA.com - Dokter gigi sering kali merasa kesulitan saat menjaga mulut pasien agar tetap terbuka saat dilakukan pemeriksaan. Alhasil, para dokter gigi sering merasa kesulitan dan bahkan berakhir stres karena kelelahan ketika melakukan penanganan.

Hal tersebut lantas coba diurai oleh tiga mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM), yakni Nabila Amini dari Fakultas Kedokteran Gigi bersama Bayu Hidayat dan Alwan Muhammad Risqi dari Fakultas Teknik yang berkolaborasi untuk menciptakan alat alat pembuka mulut memudahkan pekerjaan dokter gigi. Pembuka mulut yang dikreasi tiga mahasiswa tersebut mudah disesuaikan baik lebar dan tingginya serta terintegrasi dengan kamera untuk memudahkan dokter dan pasien untuk melihat rongga mulut pada sebuah layar.

Melalui kamera yang ditempatkan dalam alat, nantinya dokter gigi bisa dengan lebih jelas melihat rongga mulut pasien yang akan diproyeksikan dalam sebuah layar. “Harapannya alat ini akan menunjang pelayanan gigi di klinik maupun sebagai media pembelajaran di universitas. Kami ingin membantu kerja dokter gigi agar lebih maksimal lagi saat menangani pasien,” ungkapnya pada wartawan Senin (24/6/2019).

Meski baru pengembangan awal, Nabila mengatakan hasil inovasi mereka akan terus dikembangkan hingga jadi lebih berkulitas. Ia berharap nantinya alat karya mereka bisa diproduksi secara massal dan berkontribusi pada peningkatan kualitas pelayanan dokter gigi.

“Kami sadar alat ini masih memiliki kekurangan dalam pembuatannya. Untuk itu kami akan terus menyempurnakan alat ini hingga dapat diproduksi secara masal dan turut serta berkontribusi dalam peningkatan kualitas pelayanan di kedokteran gigi di Indonesia,” ungkap Nabila. (Fxh)