Jateng Editor : Ivan Aditya Senin, 24 Juni 2019 / 14:49 WIB

Lamusseto Juara Kontes Nasional Kambing Kaligesing

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Kambing Kaligesing bernama Lamusseto berhasil menjadi juara pertama Kontes Nasional Kambing Kaligesing Purworejo di Lapangan Karangsari Kaligono, Minggu (23/06/2019). Kambing milik Suyanto, peternak Desa Pandanrejo Kaligesing itu mengalahkan belasan ternak 'super' asal peternakan sejumlah daerah di Indonesia pada kelas Pejantan A.

Kontes tersebut diselenggarakan DPD Persatuan Kambing Kaligesing Nasional (Perkannas) Purworejo. Kompetisi melombakan delapan kelas. "Empat kelas jantan dan empat kelas betina, total 135 kambing dari berbagai daerah ikut kontes," ungkap Ketua DPD Perkannas Purworejo, Muksin, menjawab pertanyaan KRJOGJA.com.

Kambing jantan dan betina dinilai secara terpisah. Untuk pejantan, penilaian pada pasung kepala, telinga, badan, ekor, gelambir, kaki, pola warna, postur dan testis. Sedangkan kambing betina, penilaian pada rewos dan tanduk.

Menurutnya, Kambing Lamusseto masuk kategori terbaik pada setiap mata penilaian. "Kambing pemenang nilai jualnya melonjak drastis, pasti sampai ratusan juta rupiah," ucapnya.

Kontes tersebut, kata Muksin, diselenggarakan untuk melestarikan Kambing Kaligesing. "Sekaligus memotivasi peternak agar semakin baik merawat kambing, sehingga dihasilkan ternak kualitas super," tuturnya.

Pemilik Lamusseto Suyanto mengemukakan, kambing juara mendapat perawatan khusus setiap hari. Selain diberi pakan seimbang dan jamu, kambing juga dimandikan. Untuk pakan, Suyanto juga memberi pisang, ketela dan susu sapi.

Suyanto tidak menampik bahwa kambing juara harganya mahal. "Saya belum mau buka harga, tapi kalau ada yang menawar Rp 500 juta, akan saya jual," tegasnya. (Jas)