DIY Editor : Danar Widiyanto Senin, 24 Juni 2019 / 13:50 WIB

Mudik Lancar, PMI DIY Berikan Penghargaan

YOGYA, KRJOGJA.com - 854 personel Siaga Lebaran Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY) tahun 2019 secara simbolis menerima penghargaan pada acara Syawalan dan Silaturahmi PMI DIY, Jumat 21 Juni 2019 di Sky Garden Rich Hotel Yogyakarta.

”Idul Fitri telah berlalu. Masyarakat telah menjalankan tradisi mudik dan arus balik Lebaran pun telah berlangsung dengan lancar. PMI DIY juga telah mengerahkan ratusan personel yang dengan sukarela melayani masyarakat saat arus mudik dan balik tersebut. Kini, saatnya kita memberikan apresiasi kepada mereka. Penghargaan juga akan kami berikan kepada mitra-mitra kerja PMI yang telah bekerja sama dalam Pos Bersama Siaga Lebaran 2019 yakni Polda DIY, Kwarda, Basarnas, RRI, Orari, Rapi, Unjani, Poltekes Kemenkes, BBTKLPP,” ujar Ketua PMI DIY GBPH Prabukusumo.

“Kami berharap penghargaan ini menginspirasi kita, menggunggah banyak orang tentang kepedulian, tentang kemanusiaan, tentang berbagi kebahagiaan kepada sesama. Relawan-relawan PMI bekerja tanpa membedakan agama, bangsa, suku bangsa, warna kulit, jenis kelamin, golongan dan pandangan politik," tegas Gusti Prabu

Pada kesempatan yang sama juga akan dilakukan penandatanganan kerja sama antara PMI DIY dengan Universitas Achmad Yani Yogyakarta dan Stikes Guna Bangsa. Kerja sama meliputi diseminasi kepalangmerahan, kampus siaga bencana, inisiasi pendirian unit relawan PMI dan rekognisi pembelajaran lampau.

Wakil Ketua Bidang Unit Donor Darah PMI DIY dr Suryanto, Sp.PK mengatakan rekognisi pembelajaran lampau adalah untuk meningkatkan kompetensi pegawai Unit Donor Darah PMI ke jenjang yang lebih tinggi dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan darah kepada masyarakat.

“Untuk saat ini stok darah tercukupi, selama dan pascalebaran memang menipis namun kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darah di DIY ini cukup tinggi, kami sangat berterima kasih dan memberikan," pungkas dr Suryanto.(*)