Jateng Editor : Danar Widiyanto Minggu, 23 Juni 2019 / 18:10 WIB

Jangan Hanya Mengejar Gengsi, Berhaji Harus Menguasai Ilmu

MAGELANG, KRJOGJA.com - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Magelang menggelar halal bi halal dan pelepasan calon haji tahun 1440/2019 yang tergabung dalam KBIH Amanah, Minggu (23/6/2019). Wakil Ketua lembaga Pengambangan Cabang dan Ranting PP Muhammadiyah Jamaludin Ahmad mengatakan berhaji harus menguasai ilmunya, maka itu Muhammadiyah membentuk KBIH hingga ditingkat kabupaten/kota untuk membimbing warganya berhaji.

"Tentu yang ditarget mendapat predikat haji mabrur, imbalan haji mabrur adalah surga," katanya, pada acara yang dihadiri segenap pengurus PDM  Kabupaten Magelang, KBIH Amanah dan Jamaah Haji angkatan pertama hingga enam belas yang mencapai seribuan tersebut. 

Dia mengatakan setelah berhaji, yang harus diperhatikan adalah menjaga kemabruran, yang ditandai antara lain iman semakin kuat, taqwa semakin bagus dan akhlaq bertambah mulia. "Jika itu terjadi InsyaAllah kehidupan kita semakin diberkahi dan dirahmati Allah," katanya.

Didalam berbehidupan, katanya, usai menunaikan haji diharapkan untuk merefleksi keluarga nabi Ibrahim dan mendidik keluarganya dengan spirit Nabi Ibrahim sehingga keluarga semakin rukun dan menjadi keluarga sakinah mawadah warohmah dengan anak-anak yang shalihah dan sholeh.

"Usai haji keluarga menjadi mesra dan rukun, menjadi keluarga baik dan muncul anak sholeh dan bertaqwa," katanya.

Ketua PDM Kabupaten Magelang Jumari Al Ngluwari mengatakan KBIH Amanah telah membimbing sekitar 1000 jamaah dalam 16 tahun terakhir dan pada 2019 membimbing sekitar 200 jamaah.

"KBIH Amamah dalam kontrol dan tanggung jawab Muhammadiyah, KBIH Amanah bukanlah lembaga bisnis komersil, tetapi bisnis ibadah yakni sesuai dengan khittah Muhammadiyah," katanya.

Bagi Muhammadiyah, katanya, Jamaah haji adalah potensi dakwah Islamiah amar makruf nahi mungkar. Jamaah haji selalu berbuat kebajikan diri sendiri, keluarga dan lingkungan, yang diharapkan mampu mengubah sosial kemasyarakat menjadi arah yang lebih baik.(Osy)