Jateng Editor : Danar Widiyanto Minggu, 23 Juni 2019 / 17:10 WIB

Wajib Dilestarikan, Seni Budaya Tradisional Jadi Kekayaan Daerah

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Berbagai kesenian tradisional yang hidup dan berkembang di masyarakat, merupakan kekayaan daerah yang harus dilestarikan keberadaannya. Bahkan kesenian ini mampu mengangkat nama daerah disamping memberikan hiburan segar kepada masyarakat.

“Kami komitmen untuk merawat dan melestarikan seni tradisional,” kata Kepala Kesbangpol Bambang Sadya Hastono SH Mhum, Sabtu (22/6/2019) malam.

Di sela-sela pentas seni budaya dalam rangka silaturahmi di halaman Kantor Kesbangpol, Bambang Sadya Hastono menunjukkan komitmennya untuk memajukan seni budaya dengan menampilkan kelompok Campur Sari Cumbu Irama Sanggar Puri Handayani dari Kecamatan Purwodadi.

“Hampir setiap minggu kami gelar seni tradisional yang menampilkan grup-grup seni dari berbagai wilayah kecamatan di Purworejo,” tambahnya.

Pagelaran seni tradisional itu lanjut Bambang Sadya Hastono, selain dibina oleh Dinas Pariwisaa dan Kebudayaan (Disparbud), juga menjadi tanggung jawab Kesbangpol, karena di instansi ini ada bidang kebudyaan.

“Seni tradisional dapat sebagai pengingat keakraban lintas kelompok masyarakat. Dimana pada setiap pagelaran mereka berbaur ikut bersama menikmati dan menyaksikan gelar kesenian tradisional,” jelasnya.

Dalam menampilkan kesenian tradisional ini lanjut Bambang Sadya Hastono, digilir dari setiap kecamatan untuk pentas yang setiap minggu digelar di Alun-alun besar Purworejo. “Harapan kami agar masyarakat Purworejo bisa menikmati dan mencintai budayanya sendiri,” tambahnya. (Nar)