Jateng Editor : Danar Widiyanto Minggu, 23 Juni 2019 / 16:30 WIB

Ternyata, Banyak Benda Pusaka Nusantara Ada di Museum Laiden

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Kekayaan budaya Nusantara hingga kini masih banyak yang tersimpan di Museum Leiden Belanda. Diantaranya keris, tumbak, bahkan arca dan lainnya yang diyakini benda-benda pusaka itu merupakan rampasan perang saat Belanda menjajah Indonesia.

“Saya sangat heran, begitu banyaknya benda berharga dari tanah air disimpan di Museum Belanda,” kata Ketua DPRD Kabupaten Purworejo Ir Luhur Pambudi MM dari Leiden, Belanda, Sabtu (22/6/2019).

Luhur Pambudi yang bersama rombongan eksekutif Purworejo bertandang ke negara itu dan negara-negara lain di Eropa dalam rangka menjalin kerjasama diberbagai bidang, termasuk dengan Swedia di bidang cooperation framework. Kejasama ini sekaligus menindaklanjuti kunjungan delegasi negara itu di Purworejo beberapa bulan lalu.

Menurutnya, berbagai benda pusaka itu sungguh luar biasa, banyak benda berharga dari Nusantara yang nilainya miliaran dollar dipajang di museum itu. “Di museum itu banyak tersimpan benda pusaka yang tidak ternilai harganya dipajang dan dapat disaksikan siapa saja yang masuk ke museum itu. Namun demikian museum dijaga ketat dengan kamera dan sinar infra selain satpam dan polisi yang memang ditempatkan di museum itu,” paparnya.

Sunggu luar biasa menurut Luhur Pambudi, benda-benda berharga pusaka dari Nusantara banyak di Museum Leiden ini, termasuk dari tanah Jawa. Tidak menutup kemungkinan barang-barang berharga termasuk pusaka itu diambil Belanda pada masa penjajahan dan dibawa ke negara ini. (Nar)