DIY Agregasi    Minggu, 23 Juni 2019 / 00:13 WIB

Gus Miftah Sebut Deddy Corbuzier Tak Masalah Tetap Gunakan Nama Deodatus Andreas

SLEMAN, KRJOGJA.com - Youtuber yang juga artis ibukota, Deddy Corbuzier resmi menjadi mualaf setelah mengucap syahadat dituntun Pengasuh Pondok Pesantren Ora Aji Kalasan, Gus Miftah Jumat (21/6/2019) siang. Berbagai tanggapan yang mayoritas bernada positif pun mengalir bagi pria berbadan kekar dan kepala plontos tersebut.

Dalam sesi tanya jawab yang juga direkam banyak media usai syahadat, Deddy mendapat pertanyaan apakah setelah ini ia akan mengganti nama seperti yang dilakukan orang-orang lain saat berpindah menganut agama Islam. Pertanyaan tersebut pun dijawab Deddy dengan cukup santai bahwa sampai saat ini ia sama sekali belum memikirkan untuk berganti nama.

“Ini pertanyaan lucu sebenarnya karena saya sama sekali belum memikirkan itu. Saya masuk Islam itu untuk mendalami ilmunya, buat saya ganti nama itu nomor dua,” ungkap Deddy santai.

Menariknya, sang guru agama Islam Deddy yang juga menuntut syahadat Gus Miftah kemudian menjawab dengan tak kalah santainya. Bagi Kiyai nyentrik yang dikenal dekat dengan ‘mbak-mbak’ Sarkem ini, menjadi Islam itu tak lantas orang harus mengganti nama.

Bagi Gus Miftah, Deddy tetap tidak masalah dan melanggar apapun meski tetap menggunakan nama yang saat ini masih melekat di dalam KTP dan catatan kelahiran. “Orang masuk Islam itu tidak harus ganti nama. Dia pakai nama yang Deodatus Andreas Deddy Cahyadi Sunjoyo nggak ada masalah. Jadi tidak ada syarat orang masuk Islam harus ganti nama,” ungkap Kiyai berambut gondrong yang getol sepakbola ini.

Seperti diketahui, Deodatus Andreas merupakan nama permandian yang biasa digunakan oleh masyarakat Kristen atau Katolik. St Deodatus sendiri berdasar penelusuran kisah orang kudus merupakan biarawan dari Ordo Fransiskan yang hidup pada periode 1340 di kawasan Prancis. Uniknya, Deodatus dari Ruticinium ini mendedikasikan hidup untuk memberikan perwartaan, mempertobatkan orang lain kepada iman Kristiani.

Sementara Andreas merupakan salah satu rasul Yesus yang dikenal luas dengan tanda X seperti pada lambang bendera Skotlandia. Ia melakukan berbagai pelayanan sebelum akhirnya meninggal dunia dengan disalib berbentuk X di Patras Yunani. (Fxh)